facebook

Bukan Hanya Soal Gaji, Ini 6 Alasan Karyawan Mau Bertahan di Perusahaan

Dea Nabila Putri
Bukan Hanya Soal Gaji, Ini 6 Alasan Karyawan Mau Bertahan di Perusahaan
Ilustrasi karyawan yang sedang mendiskusikan sesuatu. (unsplash.com)

Perusahaan membutuhkan karyawannya untuk menjalankan bisnis perusahaan, begitu juga sebaliknya. Karyawan memerlukan perusahaan untuk memberikan kontribusinya sehingga bisa mencapai tujuan bersama. Banyak perusahaan yang memberikan gaji terhadap karyawannya begitu tinggi, tapi dinamika pekerjaan yang begitu rumit membuat banyak karyawan resign atau mengundurkan diri.

Selaras dengan realita, hal tersebut lumrah terjadi karena pada dasarnya, karyawan bertahan di suatu perusahaan bukan hanya soal pendapatan, namun ada banyak pertimbangan lain. Ini 6 alasan selain gaji yang membuat karyawan betah untuk bekerja di suatu perusahaan.

Bukan hanya soal gaji, ini 6 alasan karyawan mau bertahan di perusahaan.

1. Apresiasi

Sekecil apa pun pencapaian yang didapatkan oleh karyawan, apresiasi dari atasan sangat diperlukan untuk membuat mereka termotivasi menjadi pribadi lebih baik lagi.

Banyak atasan yang sulit untuk memberikan apresiasi terhadap setiap pencapaian dan membuat karyawan menjadi tidak nyaman karena merasa diremehkan.

Hal tersebut seharusnya menjadi pertimbangan para atasan untuk memberikan apresiasi dalam bentuk apa pun kepada karyawan agar mereka memiliki rasa kepercayaan diri yang tinggi dan punya alasan bertahan di perusahaan.

2. Kepercayaan

Alasan selain gaji yang membuat karyawan mau bertahan di perusahaan, yakni kepercayaan. Kasus karyawan yang memilih mengundurkan diri ini juga identik dengan kepercayaan yang diberikan oleh atasan.

Beberapa karyawan sering merasa dikucilkan karena atasan yang tidak mempercayai kinerja mereka sehingga memberikan efek buruk terhadap performa mereka. Hal ini tentu harus dihindari agar tujuan perusahaan bisa dicapai bersama-sama.

3. Diberi keleluasaan untuk berkembang

Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang mendukung setiap perkembangan karyawannya. Tak jarang, mereka memberikan fasilitas pengembangan diri seperti workshop, pelatihan, atau sekadar kegiatan refreshing agar karyawan tidak merasa jenuh dan merasa didukung soal personal mereka.

4. Promosi jabatan

Tak banyak perusahaan yang memahami bagaimana menilai kinerja dan performa karyawan mereka, sehingga sulit untuk melakukan promosi jabatan terhadap karyawan yang performanya meningkat setiap waktu.

Hal ini perlu jadi perhatian perusahaan karena tidak ada salahnya memberikan kesempatan bagi karyawan yang performanya baik untuk menempati posisi lebih tinggi sesuai kemampuan mereka.

5. Dilibatkan dalam banyak hal

Perusahaan biasanya memiliki beberapa kegiatan kantor atau bersama mitra perusahaan. Banyak perusahaan yang memberikan kesempatan kepada karyawan untuk terlibat dalam kegiatan tersebut, walaupun perannya tidak seberapa. Hal ini meningkatkan kepercayaan diri karyawan dan menggali potensi mereka dalam melakukan pekerjaan.

6. Diberdayakan

Bukan hanya dilibatkan dalam banyak hal, karyawan juga senang jika diberdayakan untuk membangun skill tertentu sehingga bisa menopang performa mereka di kantor.

Beberapa perusahaan besar FMCG sudah mulai memahami kebutuhan pribadi karyawannya sehingga kita sering melihat perusahaan di bidang tersebut membuka kesempatan bagi karyawan mereka untuk mengambil kursus, atau mengirimkan mereka sebagai delegasi perusahaan ke acara acara besar demi perkembangan diri karyawan.

Itulah 6 alasan karyawan mau bertahan di perusahaan selain gaji. Perusahaan yang baik tidak serta merta memberikan gaji dan tunjangan yang besar saja, tapi juga menjamin keberlangsungan hidup personal karyawan agar tetap nyaman berada di perusahaan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak