facebook

Jangan Bingung, 9 Langkah Ini Bisa Kamu Lakukan saat Merasa Stuck

Dea Nabila Putri
Jangan Bingung, 9 Langkah Ini Bisa Kamu Lakukan saat Merasa Stuck
Ilustrasi merasa stuck (unsplash.com)

Saat menjalani aktivitas sehari hari seperti biasa, kita sering merasa jenuh terhadap hal yang kita lakukan. Banyak orang yang mengira hal tersebut biasa terjadi dan kebanyakan dari mereka memahami jalan keluar dari perasaan tersebut. Namun, bagi orang yang tidak memahami perasaan tersebut akan berakibat fatal karena diliputi rasa jenuh dan merasa stuck di satu situasi. Oleh karena itu, jika kamu merasakan hal tersebut, kamu bisa melakukan 9 langkah ini.

1. Refleksikan diri

Coba tanyakan kepada dirimu, apakah jalan kehidupan yang kamu jalani sudah sesuai dengan apa yang kamu inginkan? Jika belum, kamu tidak perlu risau. Kekhawatiran terhadap diri sendiri justru membawamu ke suatu perubahan yang lebih baik jika kamu menanggapinya sebagai alarm bahwa ada yang salah dari pilihanmu.

2. Membuat goals baru

Banyak orang yang merasa sudah mengambil jalan hidup yang sesuai namun cita cita masih belum tercapai. Hal ini bisa diakibatkan oleh beberapa faktor, salah satunya tujuan hidup yang belum jelas. Kamu perlu untuk memahami step hidup apa yang akan kamu pilih dan mulai menata goals atau tujuan baru.

3. Evaluasi step yang sudah kamu ambil

Ada baiknya jika kamu mengevaluasi setiap langkah yang kamu capai. Tujuannya adalah untuk mengetahui apa yang menjadi hambatanmu dan apa kesalahan yang mungkin terjadi. Hal ini bisa membuatmu mencegah kesalahan yang sama.

4. Tulis kembali setiap proses

Kamu juga butuh untuk membuat catatan setiap proses yang kamu jalani. Kamu bisa mencari jalan keluar dan mempelajari bagaimana kamu berkembang dari setiap proses yang kamu jalani.

5. Belajar setiap harinya

Tidak ada kata berhenti untuk belajar. Belajar bukan selalu berarti mencari ilmu, belajar juga bisa kamu dapatkan dari pengalaman sehari-hari yang sesuai dengan pengamatanmu. Sesederhana belajar bahwa hidup ini penuh dengan limpahan anugerah dari Tuhan bahkan hanya dengan menghirup udara segar di lingkungan rumah.

6. Mencari role model

Jika kamu merasa stuck dengan dirimu sendiri, ini saatnya mencari orang yang bisa kamu jadikan role model dan bisa kamu mintai pendapat. Mereka biasanya akan senang hati membantu prosesmu.

7. Hindari overthinking

Overthinking bukan hanya akan menghabiskan waktu, namun juga menambah masalah di tengah-tengah kejenuhanmu. Hal ini patut dihindari agar kamu tidak terlalu lama berada di situasi yang stuck.

8. Jujur terhadap diri sendiri

Validasi setiap emosi yang kamu rasakan dan tumpahkan ke dalam energi yang bisa disalurkan seperti melakukan hobi. Hal ini harus rutin kamu lakukan sebagai bentuk kejujuran terhadap diri sendiri sehingga lambat laun kamu memahami bahwa tidak semua hal bisa kita kontrol dan suatu hal yang wajar untuk merasakan perasaan yang buruk.

9. Bersabar dan nikmati setiap proses

Terakhir, kamu perlu kesabaran dan menikmati setiap proses yang kamu jalani. Kelak, kamu akan bangga dengan setiap proses yang terlewati.

Kita semua adalah manusia yang tidak luput dari kesalahan. Namun tidak ada salahnya menjadikan kesalahan tersebut sebagai pelajaran besar dalam hidup dan menjadi motivasi untuk merubah pribadi menjadi lebih baik lagi.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak