facebook

7 Cara yang Bisa Kamu Terapkan Agar Pengeluaran Tidak Membengkak

Dea Nabila Putri
7 Cara yang Bisa Kamu Terapkan Agar Pengeluaran Tidak Membengkak
Ilustrasi menonton secara terus menerus, yang membuat pengeluaran membengkak. (unsplash.com)

Persoalan finansial selalu menjadi permasalahan yang tak kunjung hilang dari kehidupan. Walau kita diperkenalkan dengan matematika sejak masih kecil, tapi bukan berarti semua orang paham soal perhitungan suatu hal secara matematis dan bisa mengatasi pengeluaran yang membengkak. Apalagi di era sekarang, finansial menjadi salah satu pedoman hidup yang tidak bisa kita pisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Belum lagi, banyak anak muda yang mulai menyadari bahwa finansial harus mulai disiapkan sejak dini agar di hari tua nanti hal semacam ini tidak menjadi permasalahan yang begitu besar. Mungkin, banyak orang yang belum menyadari ada banyak hal yang menyebabkan pengeluaran membengkak setiap bulannya. Kamu bisa melakukan 7 hal ini untuk menghemat pengeluaran bulananmu.

7 cara yang bisa kamu terapkan agar pengeluaran tidak membengkak.

1. Menonton film di rumah

Menonton di bioskop untuk melepaskan penat dari aktivitas sehari-hari memang terdengar menyenangkan. Namun, hal tersebut pasti membutuhkan biaya yang terkadang tidak sedikit. Mulai dari tiket bioskop, popcorn, minuman, serta hiburan lain yang harus kita keluarkan demi menyenangkan hati sendiri atau bersama keluarga.

Oleh karena itu, menonton film di rumah dengan CD atau live streaming dan Youtube bisa menjadi pilihan untuk memangkas pengeluaran tapi tetap bisa melepaskan penat. Namun, kamu juga harus mengontrol menonton film secara live streaming untuk menghemat pengeluaran data internet atau WiFi.

2. Bawa botol minum dan bekal

Bawa botol minum dan bekal juga bisa menjadi cara efektif untuk menekan pengeluaran agar tidak membengkak. Selain sehat, membawa bekal saat sekolah atau bekerja menjadi pilihan agar pengeluaran bisa dihemat. Dengan begitu, kita juga memiliki kegiatan produktif untuk menyiapkan bekal dan tidak perlu mengeluarkan uang untuk makan siang atau jajan. 

3. Hindari subscriptions

Di era sekarang, kita sangat lekat dengan dunia entertainment. Hal ini secara tidak langsung memengaruhi kita untuk mengeluarkan uang demi menonton film atau mendengarkan musik kesukaan.

Padahal, uang yang kita keluarkan tersebut bisa kita tabung dan digunakan untuk hal lain yang lebih bermanfaat. Jadi, hindari subscriptions agar pengeluaranmu tidak membengkak, ya.

4. Kebiasaan jalan kaki

Kebiasaan jalan kaki ini perlu disuarakan kembali terutama masyarakat Indonesia yang lekat dengan penggunaan kendaraan pribadi. Tahukah kamu bahwa berjalan kaki bisa meningkatkan mobilitas sendi dan mencegah resiko osteoporosis?

Melalui kemkes.go.id, para peneliti mengungkap bahwa berjalan kaki mencegah banyak penyakit sehingga baik untuk dijadikan kebiasaan. Selain menekan pengeluaran yang membengkak dan lebih hemat, berjalan kaki akan membuat kita lebih peka terhadap lingkungan sekitar.

5. Thrifting

Selain keempat hal di atas, thrifting juga bisa menjadi alternatif lain untuk menghemat pengeluaran agar tidak membengkak. Baju baru yang dijual di mall memang sering menggoda kita untuk membelinya.

Namun, salah satu cara untuk berhemat adalah berburu pakaian bekas. Kebiasaan thrifting ini juga bisa menghindari kita dari tren fast fashion yang sering menjadi penyebab tercemarnya lingkungan.

6. Meminjam buku dari perpustakaan

Perpustakaan biasanya tersedia di banyak tempat, seperti perpustakaan kampus, perpustakaan daerah, dan fasilitas lainnya. Kamu bisa mendaftarkan diri sebagai anggota dan memiliki akses meminjam buku tanpa harus mengeluarkan uang. Hal ini bisa membantumu untuk menghemat pengeluaran bulanan.

7. Olahraga di alam

Olahraga tidak harus selalu dilakukan di gym center atau kelas kelas yoga. Hal tersebut tentu membuatmu harus mengeluarkan uang demi mendapatkan fasilitas alat olahraga dan personal trainer. Kamu bisa memulai olahraga seperti jogging, senam lantai, atau aktivitas lain di rumah atau lingkungan sekitar. Akses video olahraga juga bisa kamu dapatkan di platform video di ponselmu.

Itulah 7 cara yang bisa kamu terapkan agar pengeluaran tidak membengkak. Jangan lupa untuk selalu mencatat pengeluaranmu agar semua tetap terkendali ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak