facebook

Kamu Tidak Perlu Merasa Bersalah atas 6 Hal ini, Bentuk Cinta Diri Sendiri!

Dea Nabila Putri
Kamu Tidak Perlu Merasa Bersalah atas 6 Hal ini, Bentuk Cinta Diri Sendiri!
Ilustrasi Cinta Diri Sendiri! (unsplash.com)

Kita adalah orang yang paling paham dengan apa yang kita butuhkan dan apa yang kita inginkan. Jangan sampai pemahaman tersebut membuatmu merasa bersalah karena sudah mengenal lebih dalam tentang diri sendiri.

Hakikatnya, manusia adalah makhluk sosial dan saling membutuhkan satu sama lain. Namun bukan berarti ketika kita menomorsatukan keperluan pribadi menjadikan kita sebagai pribadi yang egois.

Tidak semua aktivitas harus kita lakukan dengan orang lain, terkadang hal tersebut malah membuat kita terlalu bergantung dengan orang lain sehingga sulit untuk berkembang.

Oleh karena itu, kamu tidak perlu merasa bersalah dengan 6 hal ini karena ini adalah bentuk cinta dengan diri sendiri:

1. Meminta Waktu untuk Me Time

Waktu me time tidak selalu identik dengan memanjakan diri, atau menghabiskan uang untuk keperluan dan keinginan. Terkadang kita butuh waktu sendiri untuk merefleksikan tujuan hidup dan cerminan diri di masa lalu dengan masa sekarang.

Kamu tidak perlu merasa bersalah untuk meminta waktu sendiri kepada orang lain karena pada dasarnya hak tersebut sepenuhnya hakmu dan tidak merugikan orang lain.

2. Berkata Tidak atau Menolak Sesuatu

Kita terkadang merasa tidak enak untuk menolak ajakan teman untuk sekadar nongkrong, atau ketika kita dimintai pertolongan. Padahal, wajar jika kita menolak suatu hal dengan alasan tertentu.

Jangan takut untuk berkata tidak jika hal tersebut tidak sesuai dengan diri dan kemampuanmu. Hal ini tidak mencerminkan kepribadianmu, melainkan batasan diri yang kamu pahami.

3. Memprioritaskan Diri

Lagi-lagi, tidak ada salahnya untuk memprioritaskan kebutuhanmu dibanding kebutuhan orang lain, selama hal tersebut tidak merugikan orang lain. Kamu tidak serta merta menjadi pribadi yang egois hanya karena memprioritaskan diri sendiri.

Justru, kamu wajib untuk memahami apa yang sebenarnya diinginkan dari dirimu dan apa yang membuatmu memilih untuk menjalaninya sendiri tanpa bantuan orang lain.

4. Percaya Terhadap Hati dan Pemikiran Sendiri

Orang lain bisa berkata apa saja tentang kita, tapi kita wajib menyaring saran dan kritik mereka tentang kita apalagi soal kepribadian kita dan pola pikir.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kita adalah orang yang paling paham terhadap diri sendiri, jadi yakinkanlah bahwa hati dan pemikiranmu mungkin berbeda dengan pemikiran orang lain.

Namun semuanya bukan berarti kamu tidak suka kritik dan saran, hal tersebut kamu lakukan karena kamu tahu yang terbaik untuk dirimu sendiri.

5. Menyatakan Suatu Kebenaran

Terkadang kebenaran adalah hal pahit yang bisa kita katakan. Jangan pernah takut untuk menyatakan suatu kebenaran.

Integritas yang ada di dalam dirimu akan terpancar lewat kebenaran yang kamu katakan dan orang lain akan menghargai value dirimu dengan kejujuran yang kamu miliki.

6. Mempunyai Ekspektasi yang Tinggi

Kita semua berhak untuk menaruh ekspektasi setinggi apapun kepada diri sendiri. Ekspektasi ini membuat kita lebih giat dan tekun dalam mengejar mimpi hingga mendapatkannya. Jadikan ekspektasi ini menjadi motivasimu untuk terus maju sebesar apapun halangannya. 

Walau terkadang prinsip kita berbeda dengan orang lain, tidak ada salahnya untuk mendengarkan apa yang mereka bicarakan tentangmu.

Cukup pahami bahwa mereka juga punya hak untuk mengkritik dan memberikan saran untukmu, namun kamu juga punya hak untuk menerima atau menolak saran tersebut.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak