facebook

7 Tanda Kamu Termasuk Orang yang Fast Learner, Salah Satunya Tidak Takut Salah!

Dea Nabila Putri
7 Tanda Kamu Termasuk Orang yang Fast Learner, Salah Satunya Tidak Takut Salah!
Ilustrasi seseorang yang memiliki fast learner. (unsplash.com)

Ilmu pengetahuan adalah tonggak kehidupan kita hingga akhir hayat. Kita semua tahu bahwa pendidikan akan membawa kita menuju taraf hidup yang lebih baik, asalkan kita bisa menuntut ilmu dengan sebaik-baiknya. Banyak tipe tipe orang dalam belajar, salah satunya fast learner atau orang yang mudah dalam menangkap suatu informasi dan mengimplementasikannya. Mungkin, kamu adalah salah satunya.

7 tanda kamu termasuk orang yang fast learner.

1. Berani berkata tidak tahu

Tanda kamu termasuk orang yang fast learner, bisa dilihat dari keberanianmu berkata tidak tahu. Respons kita terhadap suatu pengetahuan yang kita terima atau disampaikan oleh orang lain tentu berbeda.

Biasanya, fast learner akan cepat menyadari ketidaktahuan mereka dan berani untuk berkata tidak tahu jika dipertanyakan soal suatu pengetahuan. Mereka akan cepat mengidentifikasi hal yang tidak mereka pahami dan mau untuk bertanya lebih dalam soal pengetahuan tersebut.

2. Menggunakan prinsip learning by doing

Menggunakan prinsip learning by doing juga bisa menandakan kamu orang yang fast learner. Ilmu yang kita dapatkan dan kita serap hendaknya bisa kita implementasikan ke kehidupan.

Pada hakikatnya, ilmu pengetahuan terbagi menjadi dua yaitu teori dan praktik. Kita bisa belajar suatu teori sejalan dengan praktiknya agar ilmu tersebut lebih mudah untuk kita cerna dan pahami.

3. Menyadari tidak semua hal ada jawaban

Selain cepat untuk menyadari suatu ketidaktahuan di dalam diri, tanda lain dari fast learner juga menyadari bahwa tidak setiap pertanyaan memiliki jawaban.

Terkadang, pertanyaan tersebut memberikan jawaban secara tidak langsung dan membuat kita harus menggali lebih dalam tentang pertanyaan tersebut.

Fast learner cenderung tidak memaksakan diri untuk mengetahui semua hal, mereka hanya akan tertarik dengan topik yang mencuri perhatian mereka.

4. Melakukan sesuatu melebihi ekspektasi

Dalam melakukan sesuatu, biasanya fast learner akan menyamakan teori yang mereka dapatkan dan praktik yang mereka kerjakan. Sebab, kemampuan mereka untuk menyerap suatu pengetahuan begitu cepat dan diiringi dengan kemampuan adaptasi yang tinggi, fast learner biasanya akan menciptakan suatu hal yang melebihi ekspektasi mereka dan orang lain.

Mereka melakukan hal tersebut bahkan secara tidak sadar karena mereka paham betul apa tujuan mereka dalam melakukan suatu hal.

5. Memiliki kemampuan visualisasi yang baik

Kita sering diminta membayangkan suatu hal seperti denah rumah atau penggambaran yang mencirikan suatu hal. Jika kamu fast learner, kamu akan mudah dalam memvisualisasikannya di dalam otakmu dan membayangkan hal tersebut seolah menjadi nyata.

6. Bisa menjelaskan pekerjaanmu dengan orang lain

Kesulitan yang dimiliki banyak orang adalah menjelaskan pekerjaan dan ilmu pengetahuan yang mereka miliki kepada orang lain. Orang dengan tipe fast learner akan mudah menjelaskan suatu hal dengan orang lain tanpa kendala yang berarti. Mereka bisa menyamakan persepsi antara diri mereka dan ornag lain sehingga terhindar dari miskomunikasi.

7. Memahami kegagalan sebagai kesuksesan yang tertunda

Terakhir, tanda kamu termasuk tipe fast learner akan mudah menghargai suatu hal dan memahami bahwa kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda.

Kemampuan mereka dalam kecepatan berpikir membuat mereka berpikir bahwa apapun yang terjadi, mereka akan terus belajar sebesar apa pun tantangannya.

Itulah 7 tanda kamu termasuk orang yang fast learner. Menjadi seorang fast learner tentu menemui banyak tantangan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk terus belajar dan memahami kemampuan diri sendiri agar kemampuan kita dalam menyerap suatu ilmu bisa terasah.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak