facebook

6 Cara Introvert saat Menghadapi Masalah yang Dialami, Kamu Sering Melakukannya?

Xandra Junia Indriasti
6 Cara Introvert saat Menghadapi Masalah yang Dialami, Kamu Sering Melakukannya?
Ilustrasi Introvert saat sedang ada masalah. (freepik)

Introvert adalah tipe kepribadian yang cenderung pendiam dan kurang senang membagikan ceritanya pada orang lain. Bukan berarti anti sosial, ia hanya tak suka banyak berbicara serta berada di kerumunan karena dapat menguras energinya.

Lalu, bagaimana seorang introvert menghadapi masalah yang sedang dialami? Sebelum menemukan solusi, mereka biasanya melakukan 6 hal di bawah ini. Cari tahu, yuk!

1. Lebih Senang Menyendiri

Sudah disinggung bahwa introvert akan mudah lelah jika berhadapan dengan orang banyak. Untuk itu, saat sedang mengalami masalah, ia cenderung menjauh dan menyendiri sampai suasana hatinya membaik.

Ia juga kurang senang jika ada orang yang ikut campur. Ia seringkali hanya ingin menghadapi serta mencari solusi atas masalah tersebut sendirian. Ia lebih senang melakukannya tanpa orang lain karena yakin akan kemampuan diri.

2. Mendengarkan Musik

Musik merupakan sebuah elemen berisi alunan nada yang dapat menenangkan pikiran, jiwa, serta raga. Tidak heran jika banyak orang membutuhkannya saat sedang mengalami masalah, termasuk mereka dengan kepribadian introvert.

Ketimbang bercerita pada orang lain atau status media sosial, introvert lebih suka mengalihkan perhatian melalui hal-hal menyenangkan. Seperti mendengar berbagai jenis musik yang dapat membuatnya merasa lebih rileks dan bahagia.

3. Bercerita Seperlunya pada Satu Orang

Introvert merupakan tipe kepribadian yang kurang senang membagikan ceritanya pada orang lain. Namun, biasanya ia memiliki satu sosok yang begitu dipercayai. Bisa salah satu anggota keluarga, teman, sahabat, atau pasangan. 

Meski begitu, para introvert tetap tidak menceritakan secara keseluruhan. Ia hanya menjelaskan seperlunya dan tidak jarang meminta solusi dari teman berbaginya tersebut. Jika tidak memiliki sosok seperti ini, ia lebih senang mengadu pada buku diary atau akun media sosial terkunci.

4. Menyibukkan Diri untuk Melupakan Masalah

Menyibukkan diri juga merupakan cara para introvert untuk melupakan masalah. Biasanya, ia akan melakukan berbagai hobi atau kegiatan yang disukai hobi agar waktunya tidak dipakai untuk memikirkan hal buruk. 

Cara ini disebut sebagai pilihan paling tepat bagi siapapun yang ingin terhindar dari kesedihan atau kecemasan. Pasalnya, kamu hanya mengetahui kebahagiaan dan keseruan berkat segala aktivitas favorit tersebut.

5. Menghibur Diri Sendiri

Ketika sedang dilanda masalah, para introvert juga akan menghibur dirinya sendiri. Ia akan melakukan apapun yang dapat membuatnya kembali bahagia. Mulai dari menonton film hingga mengonsumi makanan favorit tanpa memikirkan berat badannya.

Ia hanya ingin berfokus pada perbaikan suasana hati. Ia juga jarang meminta bantuan orang lain untuk menghiburnya karena lebih senang mengandalkan diri pribadi. Ia mengetahui bahwa tidak ada yang bisa memahami kecuali dirinya sendiri.

6. Menangis Diam-Diam di Kamar

Introvert juga akan memilih untuk menangis secara diam-diam di kamar saat ia sedang mengalami banyak masalah kehidupan. Ia bahkan tidak ingin keluarganya tahu bahwa perasaannya sedang kurang membaik.

Ia tidak ingin melibatkan orang lain pada masalah yang sedang dihadapi. Oleh karena itu, menangis di dalam kamar hingga tak bersuara seringkali dijadikan alternatif agar suasana hatinya menjadi lebih lega dan tenang.

Itulah keenam cara introvert dalam menghadapi masalah yang sedang dialami. Lalu, apakah kamu termasuk salah satu orang yang memiliki kepribadian tersebut?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak