facebook

5 Alasan Tidak Harus Disukai Orang Lain untuk Hidup Bahagia

Sumaiyah Putri
5 Alasan Tidak Harus Disukai Orang Lain untuk Hidup Bahagia
Ilustrasi wanita bahagia (pexels / Andrea Piacquadio).

Setiap manusia ingin dicintai dan divalidasi. Pada umumnya kamu akan mencari validasi dari orang lain agar bisa hidup bahagia. Seperti halnya kamu baru bisa bahagia saat dicintai atau diperhatikan oleh orang lain, tetapi kamu tidak bisa menuntut orang lain untuk mencintai kamu. Bahkan kamu tidak bisa memaksa orang lain untuk menyukai kamu. Namun, justru dengan tidak memaksa orang lain untuk mencintai kamu, kamu bisa lebih hidup bahagia.

Berikut ini adalah beberapa alasan tidak harus disukai orang lain untuk hidup bahagia.

1. Menyayangi Diri Sendiri adalah Langkah Awal untuk Hidup Bahagia

Seiring bertambahnya usia, kamu akan memahami bahwa satu-satunya orang yang selalu ada untuk kamu adalah diri kamu sendiri. Saatnya untuk meluangkan waktu yang cukup untuk merawat diri sendiri dengan baik. Selama ini kamu mungkin selalu menggantungkan kebahagiaan pada pandangan atau pemikiran orang lain. Mulai saat ini, kamu harus menemukan kebahagiaan baru dengan menyayangi diri kamu sendiri lebih baik lagi.

2. Membebaskan Orang Lain

Bebaskan orang lain menilai kamu dengan cara apa, maka kamu bisa lebih bebas dalam menjalani kehidupan kamu sendiri. Terima kenyataan bahwa masing-masing orang mempunyai pemikiran dan pendapat sendiri, termasuk cara orang lain dalam memandang kamu. Jika menuruti pandangan orang lain. Kamu akan terasa sulit untuk hidup bahagia, karena kamu jadi mengekang diri kamu sendiri dengan penilai orang lain.

3. Setiap Orang Berhak Menyatakan Pandangannya Sendiri

Biarkan orang lain untuk menyatakan pendapatnya karena itu haknya. Ketika kamu ingin merubah pendapat orang, masalah pun akan muncul. Mengubah sudut pandang orang lain mustahil dan sia-sia, seperti sesuatu yang sia-sia. Betapa membosankan dunia ini apabila orang lain mempunyai pemikiran yang sama. Berbahagialah dengan diri kamu sendiri apa adanya, biarkan orang lain menilai kamu dengan pandangannya sendiri.

4. Kamu Mempunyai Keterbatasan Sendiri

Kamu tidak akan bisa merubah cara pandang orang lain atau isi hati orang lain sesuka kamu. Karena kamu mempunyai keterbatasan sendiri. Kamu tidak bisa memaksa orang lain satu pemikiran dengan kamu. Menuntut orang lain menyukai kamu hanya akan membuat kamu lelah dan tertekan sendiri. Jadi, lebih baik kamu fokus menjalani hidup kamu sendiri dengan kenyamanan yang bisa kamu ciptakan sendiri.

5. Selalu Menuntut Orang Lain Itu Melelahkan

Kamu akan merasa lelah sendiri kalau terus menerus menuntut orang lain untuk menyukai kamu. Bebaskan diri kamu dari menekan dan menuntut orang lain. Temukan kebebasan untuk diri kamu sendiri, agar hidup kamu lebih tenang dan bahagia.

Nah, itulah beberapa alasan kamu tidak harus disukai oleh orang lain untuk hidup bahagia. Karena kebahagiaan kamu ada pada dirimu sendiri. Semoga membantu!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak