facebook

6 Tanda Kamu Mampu Berdamai dengan Diri Sendiri

Joni Herwanto
6 Tanda Kamu Mampu Berdamai dengan Diri Sendiri
Ilustrasi wanita bahagia (pexels / Vinicius Wiesehofer/joniherwanto).

Berdamai dengan diri sendiri bukanlah perkara yang mudah, karena ini bukan hanya tentang menerima kekurangan dan kelebihan diri saja. Tetapi mampu menerima segala yang terjadi dalam hidup dan mensyukurinya adalah salah satu bentuk berdamai dengan diri sendiri.

Berikut ini adalah beberapa tanda kalau kamu mampu berdamai dengan diri sendiri:

1. Mampu Memaafkan Orang yang Pernah Membuat Salah

Kamu dapat memaafkan orang yang pernah menyakiti kamu bahkan tanpa dia meminta maaf terlebih dahulu. Karena kamu tahu tidak ada gunanya menyimpan dendam dan dengan memaafkan kamu akan mendapatkan ketenangan dan kebahagiaan hati.

2. Menyendiri untuk Mendapatkan Ketenangan

Terkadang saat banyak masalah dan tidak tahu apa yang harus kamu lakukan, karena tidak ada yang mengerti tentang kondisi kamu. Kamu lebih memilih untuk menyendiri daripada harus mengeluhkan masalah kamu pada orang lain, sebab kamu tidak ingin merepotkan orang lain dengan masalah kamu.

3. Tidak Perlu Memiliki Pasangan untuk Bisa Bahagia

Ketika kamu berdamai dengan diri sendiri, kamu tidak membutuhkan validasi dan perhatian dari orang lain. Kamu akan memvalidasi diri sendiri dan kamu tidak menggantungkan kebahagiaan pada orang lain. Termasuk pada pasangan.

4. Selalu Bersyukur

Bahkan, jika orang lain memperlakukan kamu dengan buruk, kamu masih bisa tersenyum dan melihat semuanya dari sisi positif. Kamu bahkan selalu menemukan cara untuk selalu bersyukur setiap harinya.

5. Malas dengan Perdebatan

Terkadang masalah dengan orang lain sering kali membuat kamu tersulut emosi, tetapi kamu tidak memilih jalan itu dan lebih memilih untuk menghindari perdebatan yang kurang perlu. Kamu mengalah bukan karena tidak mampu untuk melawan, tetapi kamu tidak mau menghabiskan energi kamu untuk sesuatu yang tidak penting.

6. Tidak Peduli dengan Omongan Orang Lain

Kamu hidup untuk diri sendiri, jadi untuk apa peduli dengan omongan orang lain. Kamu tahu apa yang terbaik untuk hidup kamu, sehingga omongan orang lain yang mencoba untuk menjatuhkan kamu tidak akan mempan.

Nah, jika kamu merasakan tanda-tanda seperti yang ada di atas, itu menunjukkan kalau kamu sudah berdamai dengan diri sendiri. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak