facebook

5 Kebiasaan Ini Justru Dapat Memicu Kerusakan Hubungan, Segera Hindari, ya!

Xandra Junia Indriasti
5 Kebiasaan Ini Justru Dapat Memicu Kerusakan Hubungan, Segera Hindari, ya!
Ilustrasi Kebiasaan yang Merusak Hubungan (freepik/ xandrajunia)

Di dalam sebuah hubungan asmara seringkali diisi oleh berbagai aktivitas atau perilaku yang dijadikan kebiasaan. Namun, beberapa diantaranya justru dapat memicu kerusakan dan pertengkaran. Apa saja kira-kira? Berikut ini 5 poinnya.

1. Membahas Masa Lalu dan Membandingkan Pasangan dengan Mantan

Saat berencana akan menjalani hubungan, pastikan kamu sudah berhasil move on dari masa lalu. Jika di dalamnya sering membahas kisah lama, tentu akan membuat pasangan merasa kurang nyaman. 

Lalu, kamu juga tidak dianjurkan untuk membandingkan pasangan dengan mantan karena tiap manusia memiliki perbedaan karakter dan fisik. Kebiasaan seperti ini tentu dapat merusak hubunganmu dengannya.

2. Selalu Memendam dan Membiarkan Masalah

Jika terus saling memendam dan membiarkan masalah, tentu bukan hal yang baik. Kebiasaan seperti ini nyatanya membuat pondasi hubungan menjadi runtuh. Bagaimana tidak? Sesuatu yang seharusnya diselesaikan bersama justru didiamkan hingga masing-masing merasa canggung.

3. Enggan Memberi Ruang Pribadi

Ruang pribadi diberikan dengan tujuan tiap orang perlu memanjakan dirinya sendiri. Jika tidak diizinkan memilikinya, kemungkinan besar kamu akan lupa dan selalu memfokuskan diri terhadap pasangan.

Tidak adanya ruang pribadi juga membuatmu harus merelakan mimpi yang selama ini dibangun. Dengan kata lain, kamu seperti tak punya tujuan hidup selain bersama pasangan. Tampak menyedihkan, ya?

4. Membicarakan Keburukan Pasangan kepada Orang Lain

 Saat bertengkar dengan pasangan, seseorang cenderung bercerita kepada temannya. Tidak jarang ia membicarakan keburukan serta rahasia pasangannya, dimana perbuatan tersebut dapat membuat hubunganmu hancur.

Keburukan itu bisa saja disebarkan kepada publik oleh teman yang dijadikan tempat cerita. Pasangan yang kemudian sadar akan membencimu, merasa kecewa, dan enggan melanjutkan hubungan asmara karena tingkat kepercayaan yang menurun.

5. Bercanda di Luar Batas

Menyisipkan humor ke dalam sebuah hubungan memang dianjurkan guna menghindari rasa bosan. Namun, tetap perlu ada batasan saat melakukannya. Misal, tidak membawa fisik, penampilan, latar belakang keluarga, serta topik yang menyinggung lainnya.

Di awal mungkin tampak baik-baik saja, namun begitu sudah terlalu sering, kebiasaan seperti itu dapat memicu kerusakan hubungan. Pasalnya, pasangan tidak lagi bisa menerima topik tersebut sebagai candaan. Ia merasa bahwa kamu sudah keterlaluan dan nyaman dengan kekurangan orang lain.

Itulah lima kebiasaan yang bisa saja menghancurkan hubunganmu bersama pasangan. Untuk itu, lebih berhati-hati dan usahakan tidak melakukannya lagi, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak