facebook

5 Tipe Hubungan Asmara yang Harus Segera Diakhiri, Kamu Berhak Bahagia!

Xandra Junia Indriasti
5 Tipe Hubungan Asmara yang Harus Segera Diakhiri, Kamu Berhak Bahagia!
Ilustrasi kekerasan dalam hubungan asmara. (freepik)

Hubungan asmara seharusnya dijalani dengan tujuan dapat membahagiakanmu. Namun, tidak sedikit pasangan yang masih mempertahankan status tersebut meski kondisinya sudah tergolong toxic atau buruk.

Nah, selengkapnya terkait hal tersebut ada di bawah ini, yaitu 5 tipe hubungan asmara yang sebetulnya perlu segera diakhiri karena jika dilanjutkan akan terasa sia-sia.

1. Terdapat Kekerasan Fisik atau Verbal

Jika hubungan sudah mengandung kekerasan atau pelecehan, baik fisik maupun verbal, haram hukumnya untuk dilanjutkan. Terlebih sampai ke jenjang pernikahan karena rentan membuatmu mengalami hal buruk dalam rumah tangga.

Jangan hanya karena terlalu cinta, sudah lama dekat, atau "nggak enakan," membuatmu rela disakiti dan bertahan pada hubungan toxic tersebut. Sayangi dirimu sendiri agar tidak mengalami gangguan kesehatan mental, seperti kecemasan berlebih serta depresi.

2. Tidak Saling Menghargai

Saat sudah sama-sama sulit menghargai, berarti kamu dan pasangan harus segera mengakhiri hubungan. Pasalnya, kisah cinta yang baik perlu didukung oleh sikap seperti itu agar pondasinya semakin kuat serta lebih harmonis dari biasanya.

3. Sulit Menghadirkan Kebahagiaan

Hubungan asmara disebut sebagai salah satu sumber kebahagiaan bagi banyak orang. Jika di dalamnya sudah tak ada lagi hal yang dapat membuatmu senang, menandakan bahwa tidak lagi layak dipertahankan.

Kamu dan pasangan tampak sudah tidak saling mencintai serta tertarik satu sama lain. Dengan begitu, untuk apa melanjutkan hubungan? Masing-masing hanya akan terasa terbebani. Oleh karena itu, putus merupakan jalan keluar yang terbaik.

4. Enggan Saling Peduli

Kepedulian juga dibutuhkan bagi tiap pasangan untuk menjalani sebuah hubungan. Ketika satu sama lain tak lagi bisa menumbuhkan sikap ini, lebih baik segera mengakhirinya. Mungkin masing-masing dari kamu sudah ingin berjalan sendiri atau lebih merasa nyaman dengan status melajang.

5. Tidak Disertai Rencana Masa Depan Bersama

Menjalin hubungan asmara tentu perlu disertai komitmen atau rencana masa depan bersama. Jika tidak bahkan membahasnya pun tak pernah, buat apa dilanjutkan? Kamu dan pasangan seolah hanya menjadi teman spesial tanpa ingin mencapai pernikahan.

Selain pernikahan, ada perencanaan lain yang perlu kamu pikirkan bersama pasangan. Mulai dari kehidupan berumah tangga, karier, hingga memiliki seorang anak. Jika sudah ada gambaran terkait beberapa hal tersebut, di masa mendatang tinggal mencoba merealisasikannya.

Itulah lima tipe hubungan asmara yang seharusnya perlu diakhiri karena hanya akan menimbulkan perasaan tertekan serta kurang nyaman. Ingat, kamu berhak bahagia dan tidak sendirin.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak