facebook

4 Tips Menemukan Kebahagiaan dalam Pekerjaan

Sumaiyah Putri
4 Tips Menemukan Kebahagiaan dalam Pekerjaan
Ilustrasi pria bekerja (pexels/Andrea Piacquadio).

Sering kamu mendengar bahwa hidup adalah pilihan. Termasuk pilihan dalam urusan pekerjaan. Ada yang memilih untuk bekerja karena keadaan, ada juga yang memilih untuk bekerja sebagai bentuk aktualisasi diri.

Sungguh beruntung jika kamu bisa menemukan atau menekuni pekerjaan sesuai dengan keinginan. Namun, bukan berarti kamu akan mengalami kesialan jika belum mendapatkan pekerjaan impian. Kamu akan salah jika pekerjaan impian akan selalu menyenangkan dan menarik, karena setiap pekerjaan memiliki tantangannya sendiri. Nah, berikut ini adalah beberapa cara menemukan kebahagiaan dalam pekerjaan.

1. Izinkan Dirimu untuk Bertumbuh

Meskipun pekerjaanmu tidak selalu mudah dan serba sempurna, tetapi kamu bisa selalu mengusahakan segala hal yang terbaik dalam hidup kamu. Kamu menyadari ada hal-hal yang masih ada dalam kendali dan kontrol diri, tetapi ada juga yang tidak bisa kamu ubah sekuat apa pun kamu berusaha dalam setiap pekerjaan. Teruslah bertumbuh dan berproses di bidang yang kamu tekuni. Izinkan diri kamu untuk mencoba hal-hal baru dan terus mengasah serta menggali potensimu. Karena hidup yang bermakna akan membuat kamu lebih bahagia.

2. Berdamai dengan Rasa Tidak Nyaman

Jika memang sedang ingin menyepi atau menyendiri di tengah rutinitas pekerjaan yang mulai membuat kamu tertekan, lakukan saja. Ketika kamu mulai stres, jenuh, lelah, atau tidak nyaman. Izinkan semua rasa itu mengalir. Mungkin saja ini justru sinyal diri kamu sedang membutuhkan waktu untuk istirahat.

3. Kelola Waktu dengan Baik

Kamu harus senantiasa membagi waktu kamu untuk semua urusan pekerjaan dengan seimbang. Imbangi rutinitas bekerja dengan jadwal istirahat yang cukup. Kalau pun ada lembur pekerjaan, imbangi dengan mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Saat sudah memaksimalkan setiap waktu yang ada, kamu bisa menghadirkan kebahagiaan dan kenyamanan untuk diri kamu sendiri.

4. Syukuri Setiap Hal yang Bisa Diselesaikan

Berterima kasih pada diri kamu sendiri yang sudah berjuang bahkan bertahan menjalani pekerjaan yang ada hingga saat ini. Rasa bosan dan lelah masih akan menyertai rutinitas pekerjaan kamu, tetapi selalu ada celah untuk bisa tersenyum dan bersyukur.

Jika kamu selama ini belum bisa menemukan kebahagiaan dalam pekerjaan, kamu bisa menerapkan beberapa cara seperti yang ada di atas. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak