facebook

7 Tanda Orang Jujur yang Perlu Kamu Ketahui

Sumaiyah Putri
7 Tanda Orang Jujur yang Perlu Kamu Ketahui
Ilustrasi pria jujur (pexels / fauxels).

Dalam pertemanan, pekerjaan, sekolah dan hubungan apa pun kamu semua pasti berharap dipertemukan dengan orang jujur. Orang jujur bisa dipercaya dan tidak akan mengecewakan orang yang ada di sekitarnya, makanya dia disukai orang lain. Sayangnya, tidak semua orang memiliki sifat jujur dan dapat dipercaya. Tetapi, untuk mengetahui orang jujur, kamu bisa melihatnya dari tanda berikut ini.

1. Tidak Suka Melebih-lebihkan

Orang jujur tidak suka melebih-lebihkan, apa yang dia katakan sesuai dengan kenyataan. Dia jujur dengan perasaannya dan tidak pernah membuat-buat sesuatu untuk mendapatkan simpati atau perhatian dari orang lain.

2. Bisa Memegang Janji

Orang jujur juga bisa dipercaya karena dia bisa memegang janji. Dia tahu nilai dari kesetiaan dan tidak akan menganggap itu sebagai hal yang sepele.

3. Berani Mengakui Kesalahan

Selain bisa dipercaya, orang jujur juga sangat bertanggung jawab karena dia tidak pernah takut untuk mengakui kesalahannya. Bukan malah sebaliknya, mencari kambing hitam agar dia bebas dari rasa bersalah.

4. Tidak Membicarakan Orang Lain di Belakang

Dia juga tidak suka membicarakan orang lain di belakang apalagi itu menyangkut rahasia dan keburukan seseorang. Dia percaya bahwa hanya dengan kejujuran yang dapat membangun hubungan yang sehat.

5. Tidak Memanfaatkan Orang Lain

Orang jujur tidak akan memanfaatkan orang lain, apalagi untuk kepentingannya sendiri. Tetapi sebaliknya, dia yang akan lebih sering membantu orang yang ada di sekitarnya.

6. Tidak Takut Dikucilkan

Orang jujur memiliki kulit yang tebal, bukan dalam arti harfiah tentunya. Tetapi dia harus seperti ini. Itu karena orang yang mengatakan kebenaran terkadang tidak disukai karena melakukannya. Kebenaran bisa  mengejutkan bagi orang lain yang memiliki rasa tidak aman tetapi ini bukan halangan bagi orang jujur.

7. Tidak Peduli dengan Popularitas

Jika orang jujur melakukan sesuatu, dia melakukannya untuk dirinya sendiri, atau untuk membantu orang lain. Sementara orang lain berjuang untuk popularitas, orang jujur sibuk untuk memperbaiki diri. Karena orang jujur memiliki harga diri yang luar biasa dan mengetahui persis siapa dirinya sesungguhnya.

Nah, jika tanda-tanda seperti yang ada di atas ada dalam diri kamu, itu berarti kamu adalah termasuk orang jujur. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak