facebook

6 Hal Ini Dapat Membuat Pasanganmu Lebih Terbuka, Patut Dicoba!

Xandra Junia Indriasti
6 Hal Ini Dapat Membuat Pasanganmu Lebih Terbuka, Patut Dicoba!
Ilustrasi Pasangan yang saling terbuka (freepik)

Salah satu aspek yang wajib ada dalam hubungan asmara adalah keterbukaan. Ini cukup sulit karena banyak orang yang lebih senang memendam ketimbang membagikannya. 

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena di bawah ini ada 6 hal yang bisa dilakukan agar pasangan bisa semakin terbuka.

1. Sering Deep Talk

Hal yang dapat membuat pasangan lebih terbuka yakni dengan sering deep talk. Istilah ini bermakna obrolan mendalam yang menjadikan hubunganmu dengannya semakin intens. Biasanya, membahas topik yang sensitif atau personal.

Melalui deep talk, pasangan akan semakin percaya bahwa kamu adalah tempat cerita paling aman dan nyaman. Dengan begitu, hubungan menjadi semakin harmonis serta bertahan lebih lama.

2. Tidak Memaksanya

Cara agar pasangan bisa lebih terbuka adalah dengan tidak sering memaksakan kehendaknya. Jika ia sedang tidak ingin bercerita, kamu hanya perlu membiarkannya. Mungkin ia masih takut atau khawatir membagikan hal tersebut kepada orang lain, termasuk kamu. Maka, tunggu saja sampai ia merasa siap.

3. Biasakan Jadi Pendengar yang Baik

Jika tidak ahli memberi solusi, kamu dapat membiasakan diri menjadi pendengar yang baik. Luangkan waktu untuk pasangan membagikan ceritanya. Namun, perlu memastikan bahwa kamu bisa benar-benar fokus.

Saat kurang memusatkan diri padanya, mungkin ia tidak lagi ingin berbagi cerita denganmu. Jadi, saat masih ada kesibukan, selesaikan saja terlebih dahulu. Jangan sampai dua-duanya justru tidak mendapatkan perhatian yang seimbang.

4. Tidak Mengadu Nasib

Banyak orang yang masih sering mengadu nasib saat pasangannya bercerita. Misal kalimat, "Segitu doang ngeluh, coba liat si A, dia lebih parah dari kamu, tapi dia masih bisa bertahan sampe sekarang" yang pasti pernah kamu dengar.

Meski banyak yang lebih terpuruk, kemampuan manusia dalam menerima suatu hal tentu berbeda-beda. Kamu tidak bisa menyamaratakannya karena tak semua mampu atau kuat. Jika sering mengadu nasib seperti ini, pasangan menjadi malas untuk berbagi cerita kepadamu.

5. Jangan Menyudutkan Pasangan

Ketika pasangan bercerita, hindari menghakimi atau menyudutkan karena justru dapat membuatnya semakin tertekan. Jika ia memang terbukti salah, kamu bisa memberikan nasihat atau pesan. 

Dalam melakukannya, kamu juga tidak perlu menggunakan nada tinggi atau sembari marah karena tak membantunya merasa tenang. Ia menjadi segan untuk bercerita sebab kamu terus-terusan menyudutkannya bahkan tanpa memberi solusi.

6. Ketahui Bahasa Cinta Pasangan

Kamu perlu mengetahui bahasa cinta si pasangan agar momen interaksi terasa lebih mudah untuk menyesuaikan. Pasalnya, tiap orang pasti memiliki jenis yang berbeda-beda, bukan?

Saat ia bercerita sedih, kamu bisa memberi sesuatu yang dapat kembali memperbaiki suasana hatinya. Situasi seperti ini juga akan membuatnya lebih terbuka karena kamu termasuk pasangan yang pengertian.

Itulah enam hal yang dapat membuat pasangan menjadi lebih terbuka. Apakah kamu sudah melakukan salah satu atau bahkan semua poin-poin diatas?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak