facebook

6 Cara Menghilangkan Pikiran Negatif

Joni Herwanto
6 Cara Menghilangkan Pikiran Negatif
Ilustrasi pria (pexels/Andrea Piacquadio).

Pikiran negatif adalah semua pikiran buruk tentang diri sendiri yang membuat khawatir akan sesuatu yang belum terjadi. Akibatnya kamu menjadi tidak percaya diri, menganggap diri kamu tidak pantas bahkan menganggap hidup kamu kamu tidak ada gunanya. Pikiran negatif ini disebabkan oleh banyak hal, seperti menganalisis berlebihan, rasa marah, dan berpikir secara berlebihan.

Jadi, agar tidak dikuasai oleh pikiran negatif yang bisa datang sewaktu-waktu, kamu bisa menghilangkannya dengan cara berikut ini.

1. Mengenali Pikiran Negatif yang Muncul

Untuk mulai menghilangkan pikiran negatif, kamu harus bisa mengenali dan mengidentifikasi pikiran yang biasa muncul di pikiran. Saat kamu sudah mulai mengenalinya, kamu akan lebih mudah untuk menyingkirkannya.

2. Menghabiskan Waktu di Luar

Berdiam diri bisa membuat pikiran menjadi stres sehingga kamu lebih banyak melamun. Cobalah untuk keluar rumah untuk mencari udara segar atau melakukan aktivitas. Sejenak menjauhkan diri dari kekacauan juga perlu untuk memenangkan pikiran kamu.

3. Mencari Kesibukan

Jangan  biarkan diri kamu dikuasai oleh pikiran negatif, jadi cobalah untuk mengalihkan pikiran kamu dengan menyibukkan diri, misalnya dengan melakukan hobi, mengerjakan pekerjaan rumah, berkebun dan sebagainya.

4. Catat Pikiran Negatif yang Kamu Rasakan

Kamu juga perlu mengetahui apa saja yang menyebabkan pikiran negatif yang ada di dalam diri kamu, kemudian catat satu per satu. Dengan begitu, kamu bisa memulai langkah penenangan dengan memfokuskan pada satu hal terlebih dahulu.

5. Berbicara dengan Orang Lain

Pikiran negatif terkadang disebabkan karena kamu terlalu banyak sendiri. Kamu bisa mencari orang lain untuk diajak bertukar pikiran atau membicarakan hal-hal sederhana. Dengan tertawa sejenak bersama orang lain akan membuat pikiran kamu menjadi lebih tenang.

6. Meditasi

Meditasi adalah salah satu cara menenangkan pikiran negatif yang efektif. Meditasi membuat kamu lebih fokus pada diri sendiri. Sehingga, dengan sendirinya pikiran negatif akan berangsur hilang dengan sendirinya. Lakukan meditasi di tempat yang hening sehingga kamu lebih mudah berkonsentrasi.

Nah, itulah beberapa cara untuk menghilangkan pikiran negatif. Jangan lupa untuk senantiasa berdoa, istirahat yang cukup dan selalu bersyukur atas hidup kamu karena hanya dengan itulah pikiran dan hati akan menjadi lebih tenang dan dijauhkan dari pikiran negatif. Semoga membantu!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak