facebook

4 Cara Simpel dan Ampuh Belajar Bahasa Asing, Singkat dan Mudah!

Sofina Sehan
4 Cara Simpel dan Ampuh Belajar Bahasa Asing, Singkat dan Mudah!
ilustrasi belajar [pexels/Tima Miroshnichenko]

Bisa menguasai beberapa bahasa asing sepertinya menyenangkan! Namun, banyak proses yang harus di lalui mulai dari menghafal kosakata, mengingat kosakata, dan harus menyesuaikan diri dengan bahasa asing. Sebagian orang mungkin merasa mudah untuk belajar bahasa asing, namun sebagian orang yang lainnya mungkin banyak juga yang merasa kesusahan untuk mempelajari bahasa asing.

Gampang atau sulitnya seseorang dalam mempelajari sesuatu tergantung bagaimana seseorang itu belajar, dan tergantung cara seperti apa yang di gunakan nya untuk belajar. Namun ada beberapa cara yang sangat simpel dan ampuh untuk di gunakan dalam belajar jika seseorang mau mencari tahu caranya!

Oleh karena itu berikut ini adalah 4 cara yang sangat simpel dan ampuh yang bisa kita gunakan untuk belajar bahasa asing agar lebih cepat, mudah dan tidak menghabiskan banyak waktu:

1. Menentukan alasan, niat, motivasi dan tujuan yang jelas

Dengan alasan yang jelas dan tujuan yang jelas akan membuat seseorang lebih mudah untuk melakukan sesuatu. Belajar bahasa asing juga memerlukan alasan dan tujuan yang jelas, serta niat dan motivasi yang kuat karena hal ini akan sangat membantu kita dan sangat penting dalam proses kita dalam belajar bahasa asing.

2. Menulis, mengingat, dan menghafal kosakata bahasa asing yang dekat dengan sekitar kita

Saat alasan, niat, motivasi dan tujuan yang jelas sudah di tentukan, langkah selanjutnya adalah dengan menuliskan benda-benda, kosakata atau hal apapun yang dekat dengan kita yang sering kita gunakan setiap hari.

Tulislah sebagai contoh seperti kasur, lampu, pintu dan lain sebagainya di buku khusus untuk belajar bahasa asing. Tulis dengan bahasa kita lalu di sampingnya di tulis dengan bahasa asing yang sedang di pelajari. Jika kita sudah menuliskan semua benda yang dekat dengan kita dan kosakata yang umum di gunakan, selanjutnya adalah menghafal dan mengingat nya setiap hari.

Atau bisa juga, kita menuliskan tulisan pintu di sepotong kertas kecil dalam bahasa kita dan di samping itu kita tulis artinya dalam bahasa asing yang sedang kita pelajari, setelahnya tinggal kita tempel di setiap pintu yang ada di rumah kita/pintu yang sering dilihat oleh kita, dengan begitu ini akan membuat kita lebih mudah mengingat dan menghafalnya bukan! Hal di atas pun berlaku untuk benda lainnya kecuali untuk benda seperti piring, gelas, mangkok dan benda di dapur yang sering terkena air.

3. Mulai Membuat dan menyusun kalimat dalam bahasa asing

 Setelah kita sudah mengetahui banyak kosakata, nama benda dan artinya dalam bahasa asing yang sedang kita pelajari, langkah selanjutnya adalah membuat dan menyusun kalimat. Mulailah membuat dan menyusun kalimat sederhana dalam rutinitas keseharian kita, seperti aku mau tidur, aku mau makan, aku mau mandi atau apapun itu yang sering di lakukan dalam rutinitas sehari-hari dan di tulis dalam bahasa asing.

4. Perbanyak mendengar cara native speaker ketika berbicara

Dengarkan dengan seksama bagaimana seorang native speaker berbicara dan ingatlah bagaimana intonasi yang di gunakannya saat berbicara. Setelah mengetahui bagaimana cara native speaker berbicara dan seperti apa intonasi yang di gunakan dalam menyampaikan kata dan kalimat, selanjutnya adalah terus membiasakan diri kita untuk menulis, melihat, mendengar, dan praktik berbicara setiap hari  menggunakan bahasa asing yang sedang kita pelajari. Jika kita sudah setiap hari melakukan itu semua, kita pun akan terbiasa dan bisa menguasai bahasa asing dengan mudah dan belajar bahasa asing bukanlah sesuatu yang terlalu sulit lagi untuk di pelajari.

Itulah 4 cara simpel yang ampuh sekali untuk di gunakan ketika ingin menguasai bahasa asing dengan mudah, tidak bikin pusing, dan tidak menyita banyak waktu sampai bertahun-tahun. Setiap usaha yang di lakukan dengan sungguh-sungguh tidak akan menghianati orang yang berusaha dengan sungguh-sungguh!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak