facebook

5 Alasan Mengapa Kamu Membenci Orang Lain Tanpa Sebab, Salah Satunya Insecure

Joni Herwanto
5 Alasan Mengapa Kamu Membenci Orang Lain Tanpa Sebab, Salah Satunya Insecure
Ilustrasi dua wanita. (pexels/RODNAEProductions)

Mungkin ini sesuatu yang aneh tapi sering kali dirasakan oleh banyak orang, yakni membenci orang lain tanpa sebab. Misalnya, membenci orang lain karena dari cerita seseorang, dari cara berpakaian atau kebiasaannya sehari-hari. Tiba-tiba saja perasaan benci itu muncul beritu saja.

Hati-hati, perasaan benci seperti ini bisa menjadi penyakit hati jika tidak segera diobati. Nah, berikut lima alasan mengapa kamu membenci orang lain tanpa sebab.

1. Belum Mengenal Secara Baik

Belum mengenal secara baik sering membuat kamu salah paham dan membenci orang lain tanpa sebab yang jelas. Hal ini membuat kamu sering memberikan penilaian yang salah kepada orang lain, padahal sebenarnya belum tentu orang tersebut memiliki karakter seperti itu. Jadi mudah bagi kamu untuk membenci orang lain karena kamu tidak mengenalnya.

2. Insecure dengan Diri Sendiri

Membenci orang tanpa sebab yang jelas juga terkadang disebabkan karena merasa insecure dengan diri sendiri. Akibatnya memproyeksikan perasaan insecure pada orang lain dengan cara membencinya, karena kamu merasa ada sesuatu dalam dirinya yang tidak bisa kamu miliki. Padahal, semua orang memiliki "sesuatunya" masing-masing dalam dirinya. Insecure dan membenci orang tanpa sebab hanya akan merugikan dirimu sendiri, lho.

3. Kurang Belas Kasih Diri

Ketika kamu sering membenci orang lain tanpa sebab juga biasanya disebabkan karena kamu membenci diri kamu sendiri, tapi kamu melampiaskan kebencian tersebut kepada orang lain. Sehingga kamu menunjukkan kekurangan orang lain agar kamu terlihat lebih baik.

4. Takut Akan Hal yang Berbeda

Tanpa kamu sadari, ternyata kamu bisa membenci orang lain tanpa sebab karena sesuatu yang berbeda, seperti pola pikir dan penampilan. Hal ini dapat menimbulkan rasa benci pada orang lain karena kamu takut tersaingi. Padahal nyatanya, tidak seperti yang kamu bayangkan. Kamu harus bisa memahami bahwa perbedaan ada untuk dihargai dan diterima, bukan dibenci.

5. Iri Hati

Perasaan iri disebabkan tidak mampu menjadi sebaik orang lain juga dapat memicu perasaan benci yang tidak beralasan. Perasaan iri ini kemudian menyebabkan permusuhan yang membuat kamu merasa tersaingi oleh orang lain yang ada di sekitar kamu.

Perasaan benci tidak akan membuat kamu menjadi pribadi yang lebih baik, jadi sebaiknya kamu harus belajar untuk menghilangkan perasaan benci tersebut. Jika kamu merasa membenci orang lain tanpa sebab, cobalah untuk selalu berpikir positif tentang orang tersebut.

Nah, itulah lima alasan mengapa kamu sering membenci orang lain tanpa sebab. Kamu dapat menghilangkan dengan selalu berpikir positif pada orang lain. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak