facebook

5 Ciri Kamu Belum Bijak dalam Memilih Teman, Sudahkah Menyadarinya?

Xandra Junia Indriasti
5 Ciri Kamu Belum Bijak dalam Memilih Teman, Sudahkah Menyadarinya?
Ilustrasi Pertemanan (freepik)

Hubungan pertemanan juga perlu kamu bentuk karena hidup tak melulu soal pasangan. Mungkin selama ini kamu beranggapan sudah memilih teman yang baik hingga merasa bangga pada diri sendiri bisa mendapatkan banyak kerabat dekat.

Namun, kamu mungkin tidak sadar jika ternyata belum mampu bijak dalam memilih teman. Selengkapnya terkait hal ini terdapat 5 ciri kamu belum bijak dalam memilih teman.

1. Mau Berteman dengan Orang yang Semena-mena

Satu ciri kamu belum bijak adalah mau berteman dengan orang yang semena-mena. Segala perilaku yang bahkan dapat merugikanmu diacuhkan karena ia bisa memenuhi kebutuhan dan keinginanmu. Untuk itu, kamu rela tersakiti hingga sering lupa jika diri sendiri juga perlu merasakan kebahagiaan.

2. Tidak Memilih Teman yang Satu Frekuensi

Memiliki teman yang satu frekuensi nyatanya sangat menyenangkan dan hubungannya pun bisa lebih tahan lama. Namun, kamu rela melewatkan hal ini demi ia yang misalnya selalu memenuhi keinginanmu. Kamu bahkan tidak masalah merasa kurang nyaman saat melakukan obrolan dengannya.

3. Memilih Teman Berdasarkan Harta atau Jabatan

Memilih teman berdasarkan harta atau jabatan juga menandakan bahwa kamu belum bijak. Kamu seolah hanya ingin meningkatkan pamor serta merasa terlalu gengsi jika berteman dengan mereka yang tidak memiliki keduanya. Padahal, kebaikan dan kesetiaan seseorang bukan dilihat dari hal-hal tersebut.

4. Menolak Berteman dengan yang Dijauhi, Meski Belum Mengenalnya

Kamu mungkin akan menolak berteman dengan mereka yang dijauhi banyak orang. Padahal, kamu sendiri belum mengenalnya lebih dalam. Di mana seharusnya tidak ikut-ikutan melakukan hal tersebut.

Alasannya mungkin karena berpikiran orang itu memiliki sikap buruk atau takut dijauhi, sehingga kamu ikut-ikutan merundung dan enggan berteman dengannya. Situasi seperti ini menandakan bahwa kamu belum bijak memilih teman.

5. Memilih Teman yang Tidak Mau Mendengarkan Ceritamu

Kamu juga disebut belum bijak jika memilih teman yang tidak mau mendengarkan ceritamu. Pasalnya, dari awal hanya menginginkan seseorang yang bisa menemanimu saja. Padahal, kamu juga pasti butuh tempat curhat.

Meski tak mengharapkan diberi saran, seseorang cendurung butuh orang lain sebagai tempat untuk membagikan cerita. Jika kamu memilih teman yang enggan melakukannya, tentu akan membuatmu bingung saat ingin mengungkapkan sesuatu.

Itulah lima ciri bahwa kamu belum bijak dalam memilih teman, di mana nantinya dapat merugikan dirimu sendiri. Pengalaman buruk pada hubungan pertemanan yang pernah dialami ini seharusnya bisa dijadikan pelajaran agar tak kembali terulang.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak