facebook

5 Tips Menjadi Bahagia tanpa Harus Mengikuti Standar Orang Lain

Hayuning Ratri Hapsari
5 Tips Menjadi Bahagia tanpa Harus Mengikuti Standar Orang Lain
Ilustrasi bahagia (Pexels/Andrea Piacquadio).

Sudahkah kamu merasa bahagia hari ini? Setiap orang berhak bahagia dengan caranya masing-masing asal tidak merugikan orang lain. Kamu pasti juga sudah sering mendengar bahwa bahagia datang dari dalam diri sendiri. Oleh karena itu, kamu tidak perlu memaksakan diri berusaha bahagia dengan mengikuti standar orang lain.

Mengukur standar orang lain pada kehidupanmu justru akan menghambat datangnya perasaan bahagia. Lebih baik, kamu fokus dengan kebahagiaanmu sendiri. Berikut ini sederet tips bahagia tanpa harus mengikuti standar orang lain.

Simak baik-baik 5 tips menjadi bahagia tanpa harus mengikuti standar orang lain.

1. Bersyukur dengan apa yang dimiliki

Bersyukur adalah hal sederhana, tetapi kadang sering dilupakan orang. Terlalu fokus dengan apa yang belum diraih dapat menjadi salah satu penyebabnya. Bersyukurlah atas segala yang telah kamu miliki saat ini. Bersyukur mampu memancarkan energi positif diri sendiri, sehingga bisa merasa lebih bahagia.

2. Menerima diri apa adanya

Masing-masing orang diciptakan dengan kelebihan dan kelemahannya. Kamu tidak perlu merasa insecure dengan dirimu sendiri. Berani untuk menerima diri apa adanya menjadi langkah awal agar kamu bisa bahagia.

3. Menentukan target pencapaian sendiri

Kamu menyadari bahwa kunci bahagia ada dalam dirimu sendiri. Kamu tidak perlu menuntut dirimu sendiri untuk bisa membahagiakan semua orang. Lebih baik, kamu menentukan target pencapaian sendiri. Saat pencapaian tersebut berhasil diraih, pasti ada rasa bahagia yang muncul dalam lubuk hatimu.

4. Melakukan sesuatu yang menyenangkan tanpa perlu menunggu orang lain

Apa hal yang bisa membuatmu merasa senang? Kamu bisa melakukan sesuatu yang menyenangkan tersebut sendiri, tanpa perlu menunggu orang lain. Jangan terlalu menggantungkan dirimu sendiri kepada orang lain. Kamu tidak dapat menuntut mereka agar bisa selalu membuatmu bahagia.

5. Ikut bahagia melihat kebahagiaan orang lain

Saat ada temanmu atau kerabatmu yang berbahagia atas pencapaiannya, cobalah untuk juga ikut berbahagia. Tidak perlu cemburu atau membandingkan diri yang hanya berujung pada emosi negatif. Turut berbahagia atas kebahagiaan orang lain justru akan memudahkanmu merasa bahagia dengan dirimu sendiri.

Nah, itulah kelima tips agar bisa menjadi pribadi yang lebih bahagia, tanpa perlu mengikuti standar kebahagiaan dari orang lain. Apakah kamu sudah melakukannya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak