facebook

5 Tips Melakukan Presentasi yang Maksimal di Depan Atasan, Dijamin Sukses!

Diat Anugrah
5 Tips Melakukan Presentasi yang Maksimal di Depan Atasan, Dijamin Sukses!
Ilustrasi presentasi memukau (pexels.com)

Bagi beberapa pekerja dengan posisi tertentu, presentasi adalah hal yang wajib dilakukan. Bahkan, presentasi bisa menentukan perjalanan karier kita. Oleh karena, presentasi pekerjaan tidak boleh dianggap sepele. Biasanya kita akan dituntut menyampaikan presentasi di hadapan atasan-atasan kita. Jika presentasi kita baik, maka atasan kita akan menganggap bahwa kita adalah pekerja yang kompeten. Sebaliknya, jika saat presentasi saja sudah terlihat kesulitan, maka atasan kita bisa meragukan kinerja kita. Nah, berikut 5 tips menjalankan presen agar bisa memukau atasan.

1. Persiapkan Semua Materi Presentasi

Kita harus menyiapkan materi presentasi dengan matang jika ingin proses persentasi berjalan lancar, bahkan memukau atasan. Jangan sampai ada materi yang tertinggal atau terlupa. Semua materi yang kita sampaikan saat presentasi menggambarkan sejauh mana kita menguasai pekerjaan kita.

Oleh karena itu, kita harus pelajari sampai benar-benar paham semua materi yang akan disampaikan. Usahakan lakukan persiapan beberapa waktu sebelum melakukan presentasi. Jangan merasa bisa dan menganggap enteng materi, bisa saja materi yang menurut kita mudah bisa terlupakan saat presentasi.

2. Buat Slide yang Menarik

Sebelum memulai presentasi, kita harus menyiapkan slide yang menarik. Buat slide kita tampak profesional, tidak terlalu monoton namun juga jangan terlalu berlebihan. Serta pastikan semua yang tertulis di slide bisa terbaca dengan jelas.

Tuliskan poin-poin penting yang akan kita sampaikan. Namun jangan semua.materi kita tuliskan, hal tersebut bisa membuat slide presentasi kita kurang enak dipandang. Penjelasan tambahan bisa kita sampaikan secara lisan saja.

3. Latihan Terlebih Dahulu

Sebelum memulai presentasi yang sesungguhnya di depan atasan, kita bisa melakukan latihan terlebih dahulu. Latihan bisa membuat kita lebih siap dan percaya diri dalam melakukan presentasi. Selain itu, presentasi juga bisa membuat kita tahu sejauh mana kita menguasai materi.

Kita bisa melakukan latihan presentasi di rumah sebelum berangkat kerja. Kalau tidak, kita bisa juga melakukan latihan di kamar mandi kantor. Lakukan sampai kita benar-benar menguasai materi tersebut.

4. Tampil Percaya Diri

Hilangkan rasa ragu, gugup, cemas, maupun grogi saat hendak melakukan presentasi agar hasilnya maksimal dan memukau atasan. Hal-hal tersebut bisa membuat presentasi kita kurang maksimal. Kita harus yakin pada diri kita sendiri bahwa kita bisa melakukan presentasi dengan baik.

Dengan tampil percaya diri saat presentasi, atasan kita akan menganggap kita benar-benar siap menjalankan pekerjaan tersebut. Sebaliknya, jika kita terlihat ragu, atasan juga akan meragukan kita.

5. Fokus Pada Materi

Saat presentasi biasanya kita akan diberi kebebasan untuk berbicara. Namun kita harus tetap fokus pada materi yang akan kita sampaikan. Kita tidak boleh terlalu banyak menyampaikan hal-hal lain yang tidak ada kaitannya dengan materi presentasi. Hal tersebut bisa membuat kita terlihat kurang profesional.

Demikian 5 tips melakukan presentasi kerja agar maksimal dan membuat atasan terpukau. Semangat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak