facebook

5 Hal Penting yang Perlu Dilakukan Setelah Kelas Matematika

Bagus Sudewo
5 Hal Penting yang Perlu Dilakukan Setelah Kelas Matematika
Ilustrasi Siswa Pulang Sekolah (Pexels/Stanley Morales)

Matematika menjadi pelajaran wajib yang selalu kamu temui selama masih berstatus pelajar. Tidak hanya pada saat sesi belajar dengan guru, apa yang kamu lakukan setelahnya juga berdampak pada hasil belajarmu. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan setelah kamu melakukan kegiatan belajar bersama guru agar memperoleh hasil belajar yang optimal.

Tentunya dalam sehari, waktu belajar dengan bimbingan guru terbatas dan selebihnya tergantung padamu. Jika kamu melakukan hal-hal berikut akan membuatmu mengingat dan memahami informasi baru dengan baik. Selain itu juga, ini akan berdampak baik pada aspek psikologis belajarmu. Apa saja sih? Berikut ini hal-hal yang perlu kamu lakukan setelah sesi belajar matematika.

Hadiahi Usaha Belajarmu

Hal yang penting dilakukan sesaat setelah belajar adalah menghadiahi dirimu sendiri atas usaha kerasmu. Pemberian reward pada dirimu sendiri setiap menyelesaikan sesi belajar akan merangsangmu untuk sungguh-sungguh saat belajar. Kamu akan berpikir bahwa tidak mengapa terlebih dahulu bersusah-payah memahami materi karena setelahnya kamu akan mendapatkan makanan enak. Kamu bisa membeli es krim, kudapan manis ataupun cemilan gurih lain. Ingat, Sangat penting untuk belajar secara efektif dan tetap merasa baik.

Istirahatkan Dirimu

Kamu telah memakan makanan enak, beberapa saat setelahnya kamu perlu mengistirahatkan kepalamu dengan tidur. Aktivitas tidur yang nyenyak sangat penting untuk fungsi otak. Luangkan waktu untuk tidur dengan porsi waktu yang cukup pada siang atau sore hari. Saat tidur otak akan menyimpan informasi dalam memorimu, jadi istirahat setelah sesi kegiatan belajar yang sibuk bisa membantumu menyimpan lebih banyak informasi. 

Setelah istirahat yang cukup, kamu jangan sampai lupa untuk untuk mengulas kembali pelajaran yang telah didapat. Ini beberapa cara bisa kamu lakukan untuk mengulas kembali pelajaran

Baca Lagi Catatanmu

Luangkan beberapa menit untuk meninjau catatanmu kembali. Memanfaatkan sebagian waktu di rumah untuk memperkuat pemahamanmu terhadap materi belajar. Oleh karena itu, pada saat jam kelas pastikan kamu selalu mencatat penjelasan tambahan dari gurumu ya!

Tes Kemampuan Secara Mandiri

Ketika mengerjakan tes atau latihan soal, memaksamu untuk meninjau kembali materi. Selesaikan berbagai variasi soal pada materi yang sedang dipelajari. Ini akan memperkuat pemahaman dengan melihat permasalahan yang sama dalam konteks yang berbeda secara bertahap.

Diskusi dengan Teman

Diskusi bersama juga dapat membantumu memperdalam pemahaman. Tak jarang kamu akan lebih memahami apa yang disampaikan temanmu. Hal ini mudah dilakukan mengingat kamu juga bisa belajar bareng teman lewat gawai tanpa harus bertemu langsung. 

Nah, itulah beberapa hal penting yang bisa dilakukan setelah belajar matematika. Sudah lakukan?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak