facebook

Simak! Ini 7 Langkah untuk Melakukan Self Healing

Winda Luthfia
Simak! Ini 7 Langkah untuk Melakukan Self Healing
Ilustrasi bersantai (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mengolah energi dan emosi dengan beberapa latihan dapat membantu kamu untuk menjaga kesehatan mentalmu.

Apa itu self healing?

Self healing merupakan jalan penyembuhan mental atau luka batin yang diakibatkan oleh luka, penyakit maupun ketidakseimbangan lainnya. Proses penyembuhan diri dari luka batin ini mengacu pada hal-hal yang dilakukan secara sadar maupun tidak sadar.

Kemampuan diri dalam menyembuhkan luka batin ini dapat dilakukan dengan mengatur energi atau perasaan yang kita keluarkan dari tubuh. Hal tersebut yang kemudian akan memengaruhi fisik, mental, emosional, dan spritual kita.

Bagaimana cara melakukan self healing?

Cara terbaik untuk memulai melakukan self healing adalah dengan membawa perasaan damai ke dalam hidup. Seringkali stres menyebabkan tubuh kita mengalami inflamasi yang dapat meracuni tubuh. Jadi, mulailah dengan mengatur pernapasan, bermeditasi, dan selalu mendamaikan batin.

Kamu dapat mengatur perasaan dan emosi yang dikeluarkan tubuh dengan cara mengatur pikiran agar selalu dipenuhi dengan pikiran positif. Bukan tidak mungkin, hidupmu kemudian akan terasa damai karena sudah mengerti bagaimana caranya untuk mendamaikan dan menerima diri.

Berikut adalah 7 langkah untuk melakukan self healing.

1. Melakukan meditasi

Ilustrasi meditasi (Freepik.com/benzoix)
Ilustrasi meditasi (Freepik.com/benzoix)

Melakukan penyembuhan luka diri atau luka batin menggunakan meditasi menjadi perhatian para peneliti di dunia. Penelitian mengungkapkan bahwa dengan melakukan meditasi otak akan menjadi lebih sehat.

Meditasi juga diyakini dapat memengaruhi sistem saraf simpatik, menjaga tekanan darah, pernapasan, dan juga detak jantung agar tetap stabil. Hal tersebut dapat mengurangi stres dan perasaan cemas atau anxiety.

Proses self healing dengan meditasi ini dilakukan dengan duduk tenang dengan memejamkan mata, kemudian mengatur pernapasan perlahan-lahan selama kurang lebih 10-20 menit.

2. Mengatur pernapasan

Ilustrasi merasa rileks (Freepik.com/yanalya)
Ilustrasi merasa rileks (Freepik.com/yanalya)

Menarik napas perlahan melalui hidung, lalu masuk ke diafragma. Buang napas melalui mulut, lalu kencangkan otot perut untuk mengeluarkan udara hasil pernapasan. Lakukan selama 5 - 10 menit sebanyak 3 kali sehari. Tujuan dari mengatur pernapasan ini adalah agar tubuh lebih rileks dan mengatasi stres.

3. Makan dengan teratur

Ilustrasi makan teratur (Freepik.com/rawpixel-com)
Ilustrasi makan teratur (Freepik.com/rawpixel-com)

Makan dengan teratur dapat meningkatkan kesehatan mental kamu loh! Hal tersebut juga dapat dilakukan dengan makan banyak buah dan sayuran yang memiliki banyak serat, dibarengi dengan makanan yang kaya akan asam lemak dan omega-3, seperti salmon. Selain itu sayuran berwarna hijau, kacang-kacangan, biji-bijian dan polong-polongan seperti buncis juga dapat menutrisi otak.

4. Istirahat yang cukup

Ilustrasi tidur cukup (Freepik.com/gpointstudio)
Ilustrasi tidur cukup (Freepik.com/gpointstudio)

Dilansir laman Forbes, istirahat yang cukup adalah kunci kesuksesan, kesehatan dan kebahagiaan. Selain itu istirahat yang sangat penting untuk kelangsungan kesehatan mental. Hal ini karena dengan istirahat yang cukup dapat membantu proses healing agar lebih cepat.

5. Melakukan yoga

Ilustrasi yoga (Freepik.com/our-team)
Ilustrasi yoga (Freepik.com/our-team)

Rasa stres dan cemas yang terus-menerus dapat meracuni tubuh. Melakukan yoga dapat membantu menenangkan pikiran, mengurangi rasa cemas, mengurangi ketegangan, dan kekakuan di seluruh tubuh.

6. Melakukan energy healing

Ilustrasi energy healing (Freepik.com/freepik)
Ilustrasi energy healing (Freepik.com/freepik)

Energy healing adalah salah satu metode untuk melakukan penyembuhan luka batin menggunakan energi. Energy healing adalah sistem penyembuhan tradisional yang berasal dari Jepang atau disebut dengan Reiki. Salah satu manfaat dari energy healing ini adalah untuk mengembalikan keseimbangan aliran energi di seluruh tubuh.

7. Melakukan self compassion

Ilustrasi self compassion (Freepik.com/wayhomestudio)
Ilustrasi self compassion (Freepik.com/wayhomestudio)

Ketika kita ingin mencoba menyembuhkan rasa sakit batin, tidak hanya pengalaman mental dan emosional kita saja yang berubah, akan tetapi juga kondisi tubuh kita. Untuk itu, melakukan self compassion atau praktik welas asih (mengasihani diri sendiri) bermanfaat agar kita lebih mencintai diri sendiri, mendamaikan perasaan, serta mencegah rasa stres saat datang.

Itulah tujuh langkah dalam melakukan self healing. Semoga bermanfaat untuk kalian yang sedang melalui proses healing tersebut.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak