facebook

5 Cara Menghilangkan Pikiran Negatif, Penting!

Anang wan
5 Cara Menghilangkan Pikiran Negatif, Penting!
Ilustrasi stres.[pexels.com/Karolina Grabowska]

Sudahkah kamu membuang pikiran yang negatif? Ya, pikiran yang tentunya tidak menyenangkan dan menjadi racun psikologis bagi diri kamu.

Tahukah kamu? Memiliki pikiran negatif dapat menyerang kondisi psikologis dan suasana hati. Mungkin saat kamu sedang bekerja, bersama keluarga, ataupun bersama orang tercinta.

Nah, jika perasaan ini sudah sangat mengganggu kamu. Sebaiknya kamu harus mencoba belajar untuk menghilangkan pikiran negatif ini dalam dirimu.

Bagaimana saja tips-tips nya? berikut ini ada sejumlah tips yang bisa kamu praktikan.

1. Kenali dulu pikiran negatif yang muncul

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah harus bisa mengidentifikasi pikiran yang bisa muncul di pikiran. Hal ini tentu tidak mudah dilakukan. Karena, apa yang terjadi di dalam pikiran terjadi secara spontan.

Di saat kamu sudah mengenalnya, akan lebih mudah bagi kamu untuk menghilangkan pikiran negatif ini. 

2. Catat area dan pola pikiran negatif

Jika kamu sudah bisa mengenali pikiran negatif, buatlah sebuah catatan mengenai pola dan area yang sering membuat kamu berpikir negatif.

Misalnya area pekerjaan, kamu tidak yakin dengan hasil pekerjaan yang kamu lakukan. Nah, kamu harus bisa lebih fokus pada area tersebut.

3. Berteman dengan orang yang memberi efek positif

Terkadang pikiran negatif bisa muncul karena orang-orang dan lingkungan sekitar. Untuk itu, pastikan kamu berteman dengan orang-orang yang memberi dampak positif bagi diri kamu.

Karena apa, lingkungan sekitar juga berpengaruh besar dalam pengembangan pola pikir kamu. Teman yang baik juga akan selalu mendukung kamu dan membuatmu merasa tenang.

4. Jalani pola hidup yang sehat

Langkah yang satu ini bisa dibilang penting, lho. Bukan cuma untuk kesehatan fisik, kesehatan mental dan pikiran kamu juga akan terjaga.

Dengan pola hidup yang sehat, seperti berolahraga dapat mempengaruhi mood kamu dan mengurangi rasa stres.

5. Sediakan alternatif untuk pikiran negatif kamu

Carilah ide alternatif yang bisa menghilangkan pikiran negatif pada diri kamu. Seperti apa contohnya? pikirkan juga bahwa kamu memiliki kelebihan dan sisi yang positif.

Misalnya, kamu memiliki sejumlah prestasi di bidang ini dan itu. Teruslah mencari motivasi dan sambil dijalani ya.

Nah, tips-tips di atas cukup mudah kan. Cobalah untuk belajar mempraktikkannya. Dan semoga berhasil.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak