facebook

4 Sifat Buruk Rekan Kerja yang Wajib Kita Hindari, Bikin Resah!

Diat Anugrah
4 Sifat Buruk Rekan Kerja yang Wajib Kita Hindari, Bikin Resah!
ilustrasi tempat kerja (pexels.com)

Sebagaimana teman kita lainnya, rekan kerja kita memiliki sifat yang berbeda-beda, ada yang baik dan ada yang buruk. Namun sifat rekan kerja akan lebih besar pengaruhnya terhadap kita karena banyak waktu yang kita habiskan waktunya setiap hari kerja. 

Apabila rekan kerja kita memiliki sifat yang baik, maka kita akan nyaman menjalani waktu kerja bersamanya. Namun sebaliknya, rekan kerja yang memiliki sifat buruk dapat membuat hati kita saat bekerja menjadi tidak menyenangkan. Selain tidak menyenangkan, beberapa sifat buruk yang mungkin ada dalam diri rekan kerja kita juga bisa membahayakan kita dan orang lain di sekitarnya. Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika kita menjaga jarak darinya. Berikut ini adalah 4 sifat buruk dalam diri rekan kerja yang harus kita jauhi.

1. Suka Bergosip

Orang yang suka bergosip memang mudah kita temui di mana saja, tidak terkecuali di tempat kerja kita. Ada rekan kerja yang suka menggunjing atau bergosip tentang keburukan orang lain baik kepada sesama karyawan maupun kepada atasan.

Kebiasaan buruk seperti ini tentu sangat merugikan orang-orang di sekitarnya. Apalagi jika membicarakan keburukan di hadapan atasan kita, hal tersebut bisa membuat pandangan atasan mengenai diri kita menjadi kurang baik.

2. Mengadu Domba

Keakraban dan hubungan baik antar sesama pekerja sangat penting untuk menjaga kondusifitas tempat kerja. Namun biasanya ada saja orang rese yang tidak menyukai perdamaian. Orang jenis ini akan mengadu domba orang-orang di tempat kerja untuk saling bermusuhan. Hal ini tentu akan sangat merugikan  karena dapat membuat suasana menjadi tidak nyaman.

3. Tidak Mau Menerima Kritik

Setiap orang tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk mengurangi kekurangan, maka diperlukan kritik dari orang lain untuk bahan perbaikan diri. Apalagi di tempat kerja setiap orang harus mampu menjalankan tugas dengan baik. Apabila ada kekurangan atau kesalahan, maka harus siap menerima kritik.

Namun kritik seringkali membuat orang menjadi tidak senang bahkan tersinggung. Maka tidak heran jika di tempat kerja kita akan ada orang yang tidak mau dikritik. Rekan kerja seperti ini dapat menjadi beban karena tidak mau melakukan perbaikan.

4. Suka Menyalahkan Orang Lain

Aoabila kita melakukan kesalahan, maka kita harus mau mengakuinya dan bertanggung jawab untuk memperbaiki kesalahan tersebut. Apalagi di tempat kerja dimana semua tindakan harus kita pertanggungjawabkan. 

Namun, ada saja jenis orang yang tidak mau mengakui kesalahan. Mereka akan melimpahkan kesalahan kepada orang lain agar dia bisa lepas dari tanggung jawab. Perilaku seperti ini akan merugikan orang lain karena jadi korban atas kesalahan orang lain.

Demikian 4 sifat buruk teman kerja yang harus kita hindari. Pernah menjumpainya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak