facebook

4 Tips Menghindari Insecure Saat Melihat Hidup Orang Lain, Segera Cek!

Anang wan
4 Tips Menghindari Insecure Saat Melihat Hidup Orang Lain, Segera Cek!
Ilustrasi orang yang produktif (pexels/Karolina Grabowska)

Terkadang, di saat kita melihat kehidupan orang lain yang lebih sukses atau beruntung dari kita, pasti ada yang pernah merasa Insecure. Akan muncul pertanyaan-pertanyaan yang bisa membuat kita merasa bahwa diri kita tidak lebih baik dari orang lain. Nah, mulai sekarang hilangkanlah sikap itu dari diri kamu, karena hanya akan merugikan kamu saja. Ingat, setiap orang itu memiliki jalan hidup dan kesuksesannya masing-masing.

Membandingkan diri sendiri dengan orang lain itu juga dibutuhkan, sih, asalkan jangan terlalu berlebihan sampai-sampai membuat kamu merasa insecure. Nah, berikut empat tips yang bisa kamu lakukan untuk menghindari sikap insecure saat melihat hidup orang lain.

1. Fokuslah terhadap kehidupanmu sekarang

Tips pertama adalah dengan fokus terhadap tujuan hidupmu. Kamu harus bisa fokus dengan jalan hidupmu. Jangan terlalu fokus terhadap kehidupan orang lain. Sekali lagi ingat, kalau setiap orang itu memiliki kehidupan dan kesuksesannya masing-masing.

Fokuslah terhadap jalan dan tujuan hidupmu. Gapailah mimpimu, jangan pernah patah semangat. Ingat, fokus terhadap kehidupan orang lain tanpa peduli dengan kehidupan diri sendiri itu tidak baik lho! apalagi jika dilakukan secara berlebihan.

2. Kurangi kebiasaan bermain medsos

Tips kedua nih, bagi kamu yang gemar bermain media sosial. Sebaiknya kamu kurangi waktu bermain mu itu, apalagi jika tidak mendatangkan manfaat bagimu.

Melihat kesuksesan orang lain di medsos terkadang juga membuat diri merasa insecure. Oleh sebab itu, kurangilah waktumu dalam bermain medsos.

Ambilah sisi positif dari setiap postingan mengenai kesuksesan seseorang. Jadikanlah itu motivasi kamu dalam meraih keberhasilan dalam diri.

3. Ubahlah pola pikir kamu

Tips selanjutnya untuk menghindari sikap insecure saat melihat hidup orang lain, adalah dengan mengubah pola pikir kamu. Dari yang sebelumnya kamu suka membandingkan diri kamu dengan orang lain secara berlebihan, sekarang cobalah untuk mengubah pikiran itu.

Pikirkanlah bahwa kamu itu bisa mencapai keberhasilan, yakinlah terhadap diri kamu. Jangan pernah menyerah. Kendalikanlah pikiranmu, isilah pikiranmu dengan hal-hal positif yang bisa memotivasi kamu untuk menjadi lebih baik lagi.

4. Jangan merendahkan diri sendiri

Jangan pernah kamu menganggap kalau diri kamu itu rendah. Hal ini hanya akan membuat kamu semakin merasa insecure. Ingatlah akan hal ini, rendah hati itu penting tapi rendah diri jangan.

Itulah empat tips untuk menghindari sikap insecure saat melihat hidup orang lain. Semoga bermanfaat, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak