facebook

4 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan ketika Teman sedang Menghadapi Masalah

Diat Anugrah
4 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan ketika Teman sedang Menghadapi Masalah
Ilustrasi teman sedang menghadapi masalah (pexels.com/karolina-grabowska)

Dalam berhubungan dengan teman, kita harus saling menguntungkan. Kita hendaknya bisa menjadi orang yang siap memberi dukungan pada teman dalam kondisi apapun, termasuk ketika teman sedang menghadapi masalah.

Ketika teman menghadapi masalah, kita hendaknya mampu membuatnya merasa lebih baik dan siap mengatasi masalah tersebut. Jangan sampai kehadiran kita membuat masalah menjadi lebih runyam atau teman kita menjadi lebih terpukul.

Berikut ini adalah 4 hal yang tidak boleh kita lakukan terhadap teman yang sedang menghadapi masalah.

1. Meledek Keadaannya

Ketika menghadapi masalah, teman kita berada dalam kondisi yang tidak baik, sedangkan kondisi kita mungkin lebih baik darinya. Sebagai teman yang baik, sangat dilarang bagi kita untuk meledek kondisi teman tersebut.

Mungkin kita bisa beralasan hanya bercanda, namun ledekan tersebut bisa membuat teman kita merasa lebih terpukul. Akibatnya hal tersebut bisa membuatnya tidak siap menghadapi masalahnya. Selain itu, teman kita bisa marah yang akan berdampak pada rusaknya hubungan pertemanan.

2. Membandingkan Masalah

Teman kita sedang menghadapi masalah maka kita harus memberi dukungan. Yakinkan padanya bahwa ia akan sanggup melewati berbagai masalah tersebut. Namun ada tabiat buruk yang sering kita temukan ketika ada seseorang yang sedang dalam masalah, yaitu membandingkan masalah tersebut dengan masalah yang lain. Misalnya ada teman kita yang baru saja kehilangan pekerjaan karena di-PHK, lalu kita mengatakan bahwa masalah tersebut tidak ada apa-apanya dibanding kita yang pernah lama menganggur.

Hal tersebut bukannya dapat memberi semangat pada teman kita, justru akan menunjukkan bahwa kita tidak berempati atas masalah yang sedang dihadapi. Hal tersebut bisa membuat teman kita merasa tidak senang terhadap kita.

3. Tidak Mendengar Curhatnya

Ketika menghadapi masalah, curhat merupakan salah satu cara untuk meringankan beban yang ada. Dengan bercerita, setidaknya hati dapat merasa lebih lega karena mengutarakan segala unek-unek yang ada. 

Sebagai teman yang baik, kita harus menjadi siap mendengarkan curhatan teman kita. Kita harus menjadi pendengar yang baik. Salah satunya dengan tidak memotong pembicaraan dan menyalahkan teman kita. Jangan pula kita menolak untuk mendengarkan curhatan teman kita, hal tersebut bisa membuatnya merasa lebih sedih karena merasa tidak ada teman.

4. Menyudutkan atau Menyalahkan

Teman kita tentu tidak ingin mendapat masalah seperti yang sedang dihadapi, meskipun masalah tersebut mungkin datang karena kesalahannya sendiri baik disengaja maupun tidak. Oleh karena itu, ketika teman sedang berjuang untuk mengatasi masalah yang ada, kita tidak boleh menyudutkan atau menyalahkannya. Hak tersebut tidak akan membuat keadaan menjadi lebih baik, justru dapat membuat teman kita merasa lebih terpukul.

Demikian 4 hal yang tidak boleh kita lakukan ketika teman sedang menghadapi masalah. Jangan memperparah keadaan!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak