facebook

5 Cara Menjadi Orang Open Minded, Jangan Percaya Stigma!

Diat Anugrah
5 Cara Menjadi Orang Open Minded, Jangan Percaya Stigma!
Ilustrasi orang sedang berdiskusi (pexels.com/jopwell)

Memiliki pikiran yang terbuka atau open minded akan membuat hidup kita menjadi lebih baik. Bagaimana bisa? Hal ini karena jika kita memiliki pikiran yang terbuka, kita akan jadi lebih mudah menerima berbagai perbedaan yang selalu ada di setiap segi kehidupan kita. Selain itu, dengan menjadi open minded kita juga diharapkan bisa lebih bijak dalam merespon sebuah permasalahan.

Meski sangat penting, tidak semua orang memiliki pikiran yang terbuka. Masih banyak orang yang pikirannya tertutup atau bisa kita sebut dengan close minded. Namun jangan khawatir, kita bisa berusaha agar menjadi orang yang open minded.

Berikut ini adalah 5 cara yang dapat dilakukan agar menjadi open minded.

1. Sering Berdiskusi

Orang yang open minded harus bisa menerima berbagai perbedaan yang ada, misalnya perbedaan pendapat. Salah satu cara untuk melatih hal tersebut adalah dengan sering-sering berdiskusi. Diskusi dapat membuat kita mengerti berbagai pendapat dan pemikiran dari berbagai sudut pandang. Apalagi jika kita berdiskusi dengan orang dari berbagai kalangan, akan semakin beragam pula pemikiran yang kita ketahui.

Apabila belum terbiasa mungkin kita akan kaget mengetahui perbedaan yang kita temui saat berdiskusi dengan orang lain. Kita mungkin berpikir ternyata ada banyak sudut pandang yang belum kita ketahui. Hal tersebut bisa membuat kita lebih bijak dalam merespon perbedaan.

2. Banyak Membaca

Selain berdiskusi, kita juga bisa mempelajari berbagai pemikiran dan pendapat dari membaca, entah itu membaca buku, artikel, esai, dan lain sebagainya. Kelebihan dari membaca adalah kita tidak perlu mencari orang lain untuk berdiskusi. Selain itu, waktu juga lebih fleksibel karena tidak harus menyesuaikan dengan waktu luang orang lain. Kita juga bisa mengulang-ulang agar pemikiran yang ditulis dapat kita pahami dengan baik.

3. Jadi Pendengar yang Baik

Banyak orang yang senang berbicara, senang mengutarakan pendapat dan pemikirannya. Namun tidak banyak orang yang mau mendengarkan. Padahal, dengan mendengarkan, kita bisa mengetahui isi kepala orang lain. Semakin banyak pendapat orang yang kita dengarkan, akan semakin banyak pemikiran yang kita ketahui. Hal ini akan membuat pikiran kita jadi lebih terbuka.

4. Tinggalkan Stigma atau Prasangka Buruk

Banyak orang yang tidak mau mendengar atau mempelajari sebuah pemikiran karena stigma atau prasangka buruk yang melekat padanya, misalnya stigma sesat. Hal ini akan membuat pikiran kita menjadi tertutup karena tidak mengetahui pemikiran orang lain. Padahal, belum tentu stigma yang tersemat adalah benar. Bisa jadi itu hanya stigma dari orang yang belum mengenalnya secara utuh.

5. Jangan Takut Mengakui Kesalahan

Orang yang open minded selalu membuka kemungkinan bahwa dirinya salah dan orang lain benar. Maka, orang yang open minded tidak akan sungkan untuk mengakui kesalahannya atau memuji pendapat orang lain. Hal ini penting agar bisa adil dan objektif dalam mencari kebenaran. 

Demikian 5 cara yang dapat dilakukan untuk menjadi orang yang open minded. Tertarik mencobanya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak