facebook

Sering Alami Stres Akibat Pekerjaan? Ikuti 4 Tips Mengatasinya

Susanti ..
Sering Alami Stres Akibat Pekerjaan? Ikuti 4 Tips Mengatasinya
Ilustrasi stres (Pexels.com/Mikhail Nilov)

Ada banyak hal penyebab stres di tempat kerja. Lalu lintas macet saat pulang pergi kantor, sikap atasan yang sering memberi tugas gak kira-kira, rekan kerja tukang gosip, gaji kecil, dan permasalahan lainnya.

Seperti diketahui, stres yang berlangsung terus-menerus atau stres kronis sangatlah berbahaya. Tak hanya meningkatkan risiko depresi, tapi juga penyakit fisik seperti penyakit jantung, stroke, atau diabetes.

Agar stres di tempat kerja gak sampai membuat hidupmu berantakan, berikut akan dibahas beberapa tips mengatasinya. Mari disimak!

1. Hindari drama

Tugas pekerjaan aja sudah menyita perhatian dan energimu. Apalagi ditambah dengan drama. Itu sebabnya pilihlah rekan kerja yang baik jika hendak kamu jadikan teman dekat. Hindari tipe orang yang senangnya bikin masalah.

Gimana cara mengetahui apakah orang tersebut sering bikin masalah? Kamu bisa perhatikan dari karakternya, misalnya kalau dia tukang gosip mending jauh-jauh deh. Karena biasanya tukang gosip itu senang sekali mencampuri urusan orang sehingga kerap membuat masalah dengan orang lain yang gak suka dengan perilakunya.

2. Pastikan job description-nya jelas

Burnout atau istilah dari stres akibat pekerjaan umumnya disebabkan kewalahan dalam mengerjakan tugas yang terlampau banyak. Inilah kenapa penting sekali untuk memastikan bahwa deskripsi pekerjaan yang bakal kamu lakukan itu jelas.

Kalau ternyata atasan atau rekan kerja lain sering memberimu tugas yang gak sesuai, kamu boleh, kok, untuk protes. Tentunya dengan cara baik-baik. Karena bisa jadi kamu sedang dimanfaatkan, lho.

3. Buat prioritas

Banyak orang yang kemudian sering menunda pekerjaan akibat kewalahan dengan banyakan pekerjaan yang harus diselesaikan. Untuk mengatasinya, cobalah buat prioritas. Kerjakan dahulu tugas yang memang mendesak dan penting.

4. Hindari multitasking

Sudah banyak bukti kalau multitasking itu gak baik, lho. Justru kamu akan lebih produktif dan bisa menurunkan tingkat stres apabila mengerjakan tugas satu per satu. Kerjakan dulu satu tugas, setelah selesai baru mengerjakan tugas selanjutnya.

Metode kerja satu per satu ini bisa membantumu untuk fokus, sehingga tugas lebih mudah dan cepat diselesaikan. Kamu pun terhindar dari kelelahan mental akibat harus gonta-ganti fokus.

Stres di tempat kerja memang tak bisa dihindari. Semoga dengan tips tadi setidaknya bisa meminimalkan stres yang kamu alami, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak