facebook

3 Cara Agar Bisa Melepaskan Diri dari Rasa Penyesalan yang Pernah Terjadi

Delia Sanjaya
3 Cara Agar Bisa Melepaskan Diri dari Rasa Penyesalan yang Pernah Terjadi
Ilustrasi seseorang tersenyum (Pexels/Andrea Piacquadio)

Hampir semua orang pernah melakukan hal yang pada akhirnya terjadilah penyesalan. Kita semua punya masa lalu, seperti apa pun masa lalu yang pernah kita jalani, itu sudah menjadi keputusan yang mungkin hampir semuanya adalah keputusan dari diri kita sendiri. Semua yang kamu rasakan, semua yang kamu alami, itu adalah hal yang wajar. Semua orang punya kesalahan, punya penyesalan. Mungkin penyesalan tidak bisa dihapus semudah itu dari pikiran yang terus saja ada dibenak-benak. Namun tenang saja, berikut tiga cara yang bisa membantu agar penyesalan perlahan bisa terlepas dari dirimu sendiri.

1. Terimalah Bahwa Penyesalan Itu Memang Kamu yang Menimbulkannya

Sebelum kamu menyalahkan orang lain dengan penyesalan yang telah timbul pada diri sendiri, coba lebih baik kamu introspeksi diri. Kenapa kamu menyalahkan orang lain? Apa kamu sendiri tidak ada dalam mengambil keputusan yang pada akhirnya menjadi penyesalan? Semua orang itu berhak memilih, semua orang berhak berpendapat.

Jadi jika terjadi penyesalan, bukan orang lain yang kamu salahkan, tapi dirimu yang juga memilih untuk memutuskan sesuatu hal dan terimalah jika akan menjadi penyesalan. Penyesalan itu hal yang duniawi, terimalah bahwa kamu mendapat penyesalan seperti halnya orang-orang pada umumnya, yang juga punya penyesalan dalam hidup mereka masing-masing.

2. Tenangkan Dirimu dan Maafkan Kesalahanmu

Walau kamu sudah tahu, bahwa kamulah juga penyebab penyesalan itu ada pada dirimu, bukan berarti kamu harus menyalahkan, marah dan kecewa pada diri sendiri. Kamu sudah sangat baik untuk menerima penyesalan tersebut. Langkah selanjutnya, kamu harus tetap tenang untuk menyikapinya.

Sadarlah bahwa kamu juga manusia yang pasti punya titik di mana pernah mengalami kesalahan dan dapat penyesalan. Kamu belajarlah untuk bisa memaafkan dirimu yang pada dasarnya memang semua orang termasuk kamu, tidak ada yang sempurna.

3. Ucapkan Terima Kasih pada Dirimu dan Lanjutkan Hidup yang Lebih Baik

Terakhir, kamu harus bersyukur dan berterima kasih pada diri sendiri, bersyukur karena masih bisa menyadari penyesalan yang ada dan penyesalan itu akan menjadi pelajaran untuk kamu ke depannya. Penyesalan bukan harus disesalkan seumur hidup, itu tidak akan membuatmu maju, kamu harua terus melanjutkan hidupmu dan seharusnya akan lebih bisa berpikir lebih baik untuk mengambil keputusan agar tidak terjadi penyesalan yang lain. 

Itulah 3 cara agar kamu tidak lagi ada dalam ruang penyesalan, karena kamu juga butuh pikiran positif dan jangan sampai penyesalan menghambat kemajuan di hidupmu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak