facebook

6 Hal yang Bisa Kamu Lakukan jika Tidak Diterima SBMPTN

Risen Dhawuh Abdullah
6 Hal yang Bisa Kamu Lakukan jika Tidak Diterima SBMPTN
Ilustrasi sedih menerima kenyataan (Pixabay.com/hamedmehrnik)

Pada Kamis (23/6/2022) merupakan hari di mana hasil SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) diumumkan. Tentu ini sangat mendebarkan bagi yang telah mencoba dan berjuang untuk masuk ke perguruan tinggi negeri.

Bagi kamu yang sudah diterima di perguruan tinggi negeri impian, tentu bahagia dan mendapatkan ucapan selamat dari berbagai pihak. Bagi kamu yang belum diterima di PTN, tidak perlu berkecil hati. Masa depan bisa kamu raih lewat jalan lain.

Bagi kamu yang tidak diterima, daripada berkecil hati dan sedih, lebih baik kamu melakukan hal-hal di bawah ini. Percayalah jika kamu melakukannya akan bermanfaat bagi dirimu. Simak keterangan berikut:

1. Mencoba Masuk PTN Jalur Lain

Pertama yang bisa kamu lakukan adalah mencoba masuk PTN lewat jalur lain. Masih ada jalur Mandiri yang bisa kamu coba. Metode seleksi yang digunakan pun berbeda-beda tergantung PTN incaran kamu. Tidak selalu mengerjakan soal tes, kamu juga bisa menggunakan skor UTBK-SBMPTN, hingga menyertakan prestasi yang diraih selama SMA.

2. Mendaftar ke Perguruan Tinggi Swasta

Selain kamu mencoba jalur mandiri, kamu juga bisa tetap berkuliah di perguruan tinggi swasta (PTS). Soal kualitas, beberapa PTS tidak kalah bagus dengan PTN. Lagi pula masa depan yang cerah bisa kamu dapatkan di mana saja. Jadi, kenapa harus berkecil hati tidak diterima di PTN?

3. Bekerja

Jika kamu masih penasaran dengan SBMPTN, kamu bisa menunggu tahun depan. Tahun depan kamu bisa mencoba lagi. Nah, untuk menunggu tahun, alangkah baiknya kamu mempersiapkan diri. Selain belajar, kamu juga bisa memanfaatkan waktumu untuk bekerja. Ya, itung-itung latihan cari uang bukan?

4. Bisnis Kecil-kecilan

Selain bekerja, kamu juga bisa bisnis kecil-kecilan. Membuat bisnis kecil-kecilan, berarti kamu sudah melatih diri untuk maju menghasilkan uang secara mandiri. Bukan tidak mungkin kamu akan sukses di kemudian hari.

5. Mengikuti Volunteer

Alternatif lainnya yang bisa kamu lakukan adalah mengikuti kegiatan volunteer atau sukarela sedang banyak diminati kaum muda. Tak hanya menambah teman, kamu juga bisa memberikan dampak sosial serta mendapatkan pelatihan yang berkaitan dengan tugasmu secara cuma-cuma.

6. Mendalami Hobi

Tentu kamu punya hobi. Nah, tidak keterima di PTN jalur SBMPTN, kamu justru diuntungkan. Kamu bisa mendalami hobimu secara lebih intens. Inilah saat yang pas untuk kamu melakukannya. Zaman sekarang, hobimu bisa jadi sebuah konten yang menghasilkan uang.

Nah, itulah 6 hal yang bisa kamu lakukan jika tidak diterima SBMPTN. Jadi tidak perlu sedih bukan? Setiap orang mempunyai nasib masing-masing yang telah digariskan oleh Tuhan. Jadi, mengapa harus berkecil hati dan sedih?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak