facebook

5 Tanda-tanda Mengalami Depresi, Kenali dan Segera Atasi!

Diat Anugrah
5 Tanda-tanda Mengalami Depresi, Kenali dan Segera Atasi!
Ilustrasi Pria Depresi (pexels.com/pixabay)

Depresi adalah gangguan kondisi dimana kondisi hati atau mood kita merasakan kesedihan atau tekanan yang mendalam. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya masalah yang tidak kunjung usai, kehilangan orang yang dicintai, dan lain sebagainya

Depresi juga dapat berdampak buruk pada diri kita karena menyebabkan beberapa hal, misalnya gangguan kesehatan dan menurunnya produktivitas. Meski demikian, setiap orang termasuk kita berpotensi mengalami depresi.

Karena dampak buruk yang bisa ditimbulkan, maka kita harus bisa mengatasi depresi dengan baik sebelum mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk itu, kita harus mengetahui tanda atau ciri-ciri jika kita mengalami depresi

Merangkum dari alodokter.com dan ciputrahospital.com, berikut ini adalah 5 tanda kita mengalami depresi.

1. Tidak Bersemangat Menjalani Hari

Akibat kondisi hati yang tidak baik karena merasa sedih tentu sangat berpengaruh pada motivasi kita menjalani aktivitas sehari-hari. Kita akan kehilangan semangat untuk melakukan berbagai hal yang menjadi rutinitas kita. Bahkan untuk melakukan kegiatan yang kita sukai seperti hobi kita sendiri saja kita malas. Kita lebih senang menghabiskan waktu dengan berdiam diri dan merenung. Hal ini tentu akan berakibat buruk karena banyak hal yang akan terbengkalai akibat kita tidak bersemangat.

2. Hilang Nafsu Makan

Selain malas melakukan rutinitas, rasa sedih akibat depresi juga membuat kita malas makan. Kita jadi kehilangan nafsu makan karena memikirkan hal-hal yang membuat kita sedih dan depresi. Tidak heran jika banyak orang yang jatuh sakit fisiknya karena tidak mau makan saat depresi.

3. Mudah Tersinggung dan Marah

Kondisi hati yang tidak baik juga berpengaruh pada kemampuan kita mengatur emosi. Segala hal yang kita temui terasa menyebalkan. Akibatnya, kita jadi mudah tersinggung dan marah bahkan oleh hal yang sebenarnya biasa saja.

4. Lebih Ceroboh

Selain mudah marah dan tersinggung, terganggunya kemampuan kita mengatur emosi ditambah dengan kondisi hati yang tidak baik juga akan membuat kita lebih ceroboh dalam mengambil keputusan. Kita jadi tidak bisa berpikir dengan jernih. Bahkan kita cenderung malas berpikir sehingga cepat mengambil keputusan tanpa perhitungan yang matang.

5. Membenci Diri Sendiri

Suatu masalah yang menyebabkan depresi tidak hanya menimbulkan rasa sedih. Terkadang hal tersebut juga membuat kita merasa bersalah hingga merasa tidak berguna. Dampaknya kita akan menjadi membenci diri kita sendiri.

Demikian 5 tanda kita mengalami depresi. Jika merasakannya, harus segera kita atasi dengan melakukan healing atau hal-hal lain yang membuat kita merasa lebih baik.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak