facebook

4 Manfaat Terus Belajar meskipun Sudah Bekerja, Jangan Sok Pintar!

Diat Anugrah
4 Manfaat Terus Belajar meskipun Sudah Bekerja, Jangan Sok Pintar!
Ilustrasi Senang Bekerja (Pexels/ANTONI SHKRABA)

Belajar adalah kewajiban setiap orang. Namun masih banyak orang yang beranggapan bahwa belajar hanyalah tugas pelajar dan mahasiswa. Akibatnya, banyak orang yang berhenti atau tidak belajar setelah lulus sekolah atau kuliah.

Ketika sudah mendapat pekerjaan dan bekerja dengan nyaman, banyak orang yang hanya melakukan rutinitas setiap hari saja dan malas untuk belajar. Hal ini dikarenakan tidak ada orang yang memberi ujian dan nilai seperti ketika masih sekolah.

Padahal, kita seharusnya selalu belajar sepanjang hayat kita. Hal ini dikarenakan kita butuh pengetahuan dan ilmu baru yang kita butuhkan dalam kehidupan kita. Tetap belajar meskipun sudah bekerja juga memiliki banyak manfaat.

Berikut ini adalah 4 manfaat tetap belajar meskipun sudah bekerja.

1. Menambah Pengetahuan

Jangan pernah merasa pintar dan sombong dengan oengetahuan yang kita miliki. Jika diibaratkan ilmu yang ada di dunia ini seperti samudra, ilmu yang kita miliki mungkin hanya setetes saja. Oleh karena itu, kita harus terus belajar agar menambah ilmu dan pengetahuan baru.

Mungkin ilmu dan pengetahuan tersebut tidak kita butuhkan saat ini atau dalam waktu dekat, namun barangkali pengetahuan tersebut bisa bermanfaat di lain waktu. Selain itu, semakin banyak pengetahuan yang kita miliki juga bisa membuat kita menjadi lebih bijak.

2. Meningkatkan Skill

Selain pengetahuan, skill kita juga terbatas. Dalam bidang yang kita tekuni, mungkin masih ada hal-hal yang belum bisa kita lakukan. Belum lagi di bidang lainnya, masih banyak yang belum kita kuasai. Dengan terus belajar, maka kita bisa meningkatkan skill yang kita miliki atau menambah skill baru yang belum kita kuasai sebelumnya. Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk kemajuan karir kita.

3. Tidak Ketinggalan Zaman

Zaman ini berkembang dengan sangat pesat. Selalu ada kemajuan dan hal-hal baru yang belum kita temui sebelumnya. Apabila kita tidak menyesuaikan diri dengan belajar, maka kita bisa ketinggalan zaman dan menjadi tidak relevan. Oleh karena itu, kita harus selalu mempelajari hal baru agar selalu relevan dengan kemajuan zaman.

4. Meningkatkan Potensi Karir

Dengan terus belajar, maka skill dan pengetahuan kita akan meningkat dan bertambah. Hal tersebut akan membuat peluang kita mendapat karir yang lebih baik menjadi terbuka lebih lebar. Selain itu, apabila kita mempelajari hal-hal baru maka pilihan karir kita menjadi lebih luas.

Demikian 4 manfaat yang bisa kita dapatkan jika tetap belajar meskipun sudah bekerja. Menarik, bukan?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak