facebook

4 Tips agar Kamu Tidak Menjadi Korban Gosip di Kantor, Jaga Sikap!

Latifah ..
4 Tips agar Kamu Tidak Menjadi Korban Gosip di Kantor, Jaga Sikap!
Ilustrasi gosip (freepik.com/katemangostar)

Di antara hal yang bisa membuat seorang karyawan jadi gak nyaman dalam bekerja, adalah lingkungan kerja yang tidak kondusif. Salah satunya akibat kebiasaan rekan kerja yang senang bergosip. Menggunjingkan orang lain memang nikmat. Akan tetapi, berbeda halnya bila kamu berada di posisi kebalikan, yaitu kamu yang dijadikan bahan gosip. Bakal sakit hati, kan?

Nah, supaya gak ada alasan bagi orang lain untuk menggosipkan kamu, berikut akan dibahas beberapa tips agar kamu tidak menjadi korban gosip. Seperti apa? Mari simak pembahasan di bawah ini.

1. Menjaga sikap

Sudah sepantasnya sebagai manusia yang baik, kita pun menjaga sikap kita agar tidak pernah menyakiti. Hal ini pun semestinya diberlakukan dalam lingkungan kerja.

Cobalah menjaga sikap, salah satunya demi menghindari jadi korban gosip. Misalnya, bersikap ramah dengan siapa pun, memperlakukan orang lain dengan hormat, datang ke tempat kerja tepat waktu, dan berbagai sikap baik lainnya di kantor. Dengan begitu, orang gak menemukan celah apa pun untuk menjadikanmu bahan gosip.

2. Jangan terlalu banyak mengumbar permasalahan pribadi

Di tempat kerja semestinya kamu fokuskan diri saja untuk bekerja. Oleh sebab itu, jangan terlalu mengumbar permasalahan pribadi dengan rekan kerja. Ingat, lho, belum tentu orang yang kamu percaya tersebut memang benar-benar dapat dipercaya.

Terlalu mengumbar permasalahan pribadi juga menjadi salah satu penyebab kamu akan rentan jadi bahan gosip, lho. Jika kebetulan orang yang kamu curhati kemudian ngomong ke yang lain lagi, sudahlah akhirnya semua orang kantor tahu permasalahanmu.

3. Hindari berkencan dengan rekan kerja

Urusan asmara menjadi salah satu topik gosip yang paling sering dibicarakan. Maka dari itu, kalau kamu gak mau jadi korban gosip, mending hindari deh berkencan dengan rekan kerja.

Menjalin asmara dengan sesama rekan kerja membuat orang lain selalu memperhatikan gerak-gerikmu dan pasangan. Mereka ingin tahu apa saja yang terjadi dalam hubungan kalian berdua. Hal ini cukup bikin kamu jadi gak konsentrasi dalam bekerja, lho.

4. Tetap tenang

Orang yang hobi gosip biasanya punya kepribadian menyebalkan. Perilakunya biasanya provokatif, dan ini ditujukan agar kamu kehilangan kesabaran, sehingga nantinya sikapmu itu bisa jadi bahan gosip.

Nah, untuk membuat mereka kecewa, cobalah selalu bersikap tenang. Sekalipun sikap mereka menyebalkan, hadapi dengan kepala dingin. Dengan begitu, mereka gak akan punya bahan gosip darimu.

Itulah empat tips agar kamu tidak menjadi korban gosip di kantor. Semoga uraian tadi cukup membantu agar kamu gak sampai jadi korban gosip, ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak