facebook

5 Cara Sederhana agar Hidup Lebih Bahagia, Hargai Orang Sekitar

Diat Anugrah
5 Cara Sederhana agar Hidup Lebih Bahagia, Hargai Orang Sekitar
Ilustrasi hidup bahagia (pixabay.com/lazare)

Setiap orang yang hidup di dunia ini menginginkan kebahagiaan. Segala daya dan upaya dilakukan agar bisa bahagia dalam hidupnya. Bahkan kita rela melakukan hal yang sangat berat sekalipun demi mencapai kebahagiaan tersebut.

Kebahagiaan setiap orang berbeda-beda jenisnya dan berbeda pula cara mendapatkannya. Ada orang yang mencoba bahagia dengan mengumpulkan harta sebanyak mungkin. Orang lain berusaha bahagia dengan mendapat jabatan yang tinggi, dan lain sebagainya. 

Namun kebahagiaan sejati sebenarnya bukanlah kebahagiaan yang diakibatkan oleh faktor di luar diri kita. Kebahagiaan sejati adalah kebahagiaan yang muncul dari dalam diri kita sendiri. Dan kebahagiaan seperti itu seringkali tidak ada kaitannya dengan harta, jabatan, kekuatan, maupun hal-hal lainnya.

Untuk mencapai kebahagiaan tida harus dengan bersusah meraih hal-hal di atas. Kita hisa menjadi bahagia dengan melakukan beberapa cara sederhana. Berikut ini adalah 5 cara sederhana agar hidup kita bisa bahagia.

1. Bersyukur

Dalam hidup ini kita sudah dikaruniai berbagai nikmat yang kita rasakan. Apabila kita bisa mensyukuri nikmat yang ada pada diri kita, maka kita akan merasa cukup dan mudah untuk bahagia karena tidak merasa kekurangan. Sebaliknya, jika kita tidak bisa bersyukur, maka kita akan selalu merasa kurang. Akibatnya, kita akan sulit untuk bahagia.

2. Hargai Orang Sekitar

Dalam hidup ini kita juga dikelilingi oleh orang-orang yang ada di sekitar kita. Dikelilingi oleh orang-orang baik juga merupakan nikmat yang patut disyukuri. Jika kita mampu menghargai orang-orang yang ada di sekitar kita, terutama yang mencintai kita, maka kita akan mudah merasa bahagia karena merasa ada orang-orang yang selalu mendampingi.

3. Berpikir Positif

Ada berbagai kondisi atau keadaan yang akan kita temui dalam kehidupan ini. Baik atau tidaknya keadaan tersebut sangat dipengaruhi oleh cara kita memandangnya. Jika kita bisa berpikir positif dan memandang sesuatu dari sisi baiknya, maka hidup kita akan lebih tenang dan bahagia.

4. Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Rutinitas kita setiap hari mungkin membuat kita sibuk. Kesibukan tersebut tidak jarang membuat kita merasa jenuh. Rasa jenuh tersebut bisa membuat kita tidak bisa menikmati hidup. Oleh karena itu, hendaknya kita bisa meluangkan waktu untuk diri kita sendiri atau me-time. Misalnya dengan melakukan hobi yang kita gemari, beristirahat, dan agenda lainnya yang membuat kita lebih tenang.

5. Jangan Bergantung pada Media Sosial

Saat ini media sosial menjadi bagian yang tidak dapat terpisahkan dalam kehidupan kita. Namun media sosial menjadi tempat orang menampilkan berbagai hal yang baik-baik. Hal tersebut bisa membuat kita merasa iri sehingga sulit untuk berbahagia. Oleh karena itu kita jangan sampai tergantung pada media sosial.

Demikian 5 cara sederhana yang bisa kita lakukan agar hidup lebih bahagia. Tertarik mencobanya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak