facebook

4 Kebiasaan Tak Terduga yang Kamu Butuhkan agar Jauh Lebih Produktif

isma saqila
4 Kebiasaan Tak Terduga yang Kamu Butuhkan agar Jauh Lebih Produktif
Ilustrasi orang sedang mencatat (pixabay)

Kebiasaan apa yang menurutmu busa menjadikanmu lebih produktif? Membaca? Menulis? Atau yang lainnya? Jika kamu mau melihat kembali banyak kegiatan atau kebiasaan yang bisa dimanfaatkan yang bisa membuat hari-hari jadi lebih baik. 

Ada 4 kebiasaan yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari, dan mayoritas orang pasti akan membutuhkan kebiasaan ini karena sangat penting terlebih untuk meningkatkan kualitas kerja jauh lebih baik.

Berikut 4 kebiasaan agar lebih produktif:

1. Menghindari Sesuatu yang Menganggu Konsentrasi

Terdapat eksperimen yang menjelaskan bahwa orang terganggu perhatian atau fokusnya mereka akan cenderung menunjukkan kinerja yang buruk pada pekerjaannya. 

Dalam praktiknya, kebiasaan pertama ini cukup sulit untuk dilakukan. Misalnya saja ketika kamu sedang mengerjakan tugas, selang beberapa waktu kemudian kamu pasti sedang memeriksa media sosial. Benar, kan?

Maka dari itu, apabila kamu ingin jadi lebih produktif, kamu harus menghilangkan atau minimal menghindari semua hal yang dapat memecah konsentrasi. 

2. Cobalah Lakukan Meditasi

Kebiasaan yang satu ini memiliki kaitan erat dengan kebiasaan pertama. Ada benefit yang akan kita dapatkan dengan melakukan kebiasaan ini, misalnya dengan tujuan mebiarkan otak berpikir mengalir layaknya air di sungai. Meditasi dapat meningkatkan produktivitas.

Sayangnya, kebanyakan orang tidak membiarkan pikiran mereka tenang dan istirahat, sering berada di lingkungan yang berisik, dan kurang inspirasi. Akibatnya, mereka tidak mampu memikirkan sesuatu yang kreatif dalam pekerjaannya. 

Setidaknya, luangkan waktu selama 5 menit sehari  untuk bermeditasi. Hal tersebut dapat membantu pikiran lebih tenang dan fokus sehingga memunculkan ide-ide yang bagus dan kreatif. 

3. Memanfaatkan Rasa Bosan

Kebanyakan orang tidak memiliki keterampilan dasar untuk memanfaatkan kebosanan. Jujur, sebenarnya ketika kamu merasa bosan kamu akan memikirkan seuatu atau ide-ide yang unik. Ide-ide itu muncul begitu saja, tapi kamu tidak langsung mengaktualisasikannya. 

Dengan bosan, orang jadi melakukan hal yang bisa membuat rasa bosan hilang. Misalkan kamu sedang menunggu teman, dan menunggu adalah hal yang membosankan. Kenapa ketika waktu bosan itu tidak kamu gunakan untuk menulis tipis, membaca, atau yang lainnya yang bermanfaat.

Tidak terpikirkan bukan? Sekarang kamu bisa melihat korelasi antara kebosanan, fokus, kerja keras, dan semua kebiasaan yang tidak terduga ternyata dapat menambah produktivitas kamu. 

4. Buat Catatan 

Kebiasaan terakhir yang bisa kamu lakukan adalah membuat jurnal. Dengan menumpahkan isi pikiran ke buku atau istilahnya membuat jurnal, otak akan lebih fokus untuk berpikir. Coba dengan buku asli dan pena (bukan komputer), karena kamu akan merasakan perbedaannya. 

Terkesan sulit tapi sebenarnya hal ini lebih mudah untuk dilakukan. Bahkan bisa jadi, ketika kamu sudah mulai menulis, kamu akan menulis hingga berlembar-lembar. Selain itu, dampak positifnya kamu akan jadi mulai meningkatkan rentang perhatian dan fokus jauh lebih mudah. 

Alangkah baiknya jika setelah ini, mulailah dengan kebiasaan kecil itu dan belajar mengelolanya. Dengan begitu, sebosan apapun harimu akan jadi lebih baik dan produktif. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak