facebook

Tidak Selamanya Baik, Orang Terdekat Bisa Melakukan 5 Sikap Buruk ini

Diat Anugrah
Tidak Selamanya Baik, Orang Terdekat Bisa Melakukan 5 Sikap Buruk ini
Ilustrasi orang terdekat (Pexels.com/helena-lopez)

Dalam aktivitas sehari-hari, kita tidak bisa hidup sendiri. Kita harus berinteraksi dan berhubungan dengan orang lain. Hal ini tidak lepas dari sifat kita sebagai makhluk sosial. Dari sekian banyak orang yang berhubungan dengan kita, masing-masing memiliki kedekatan yang berbeda-beda. Ada yang sangat dekat secara personal seperti keluarga, kekasih, maupun sahabat. Namun, ada pula yang sekadar kenal saja.

Orang bisa menjadi dekat dengan kita karena beberapa hal. Misalnya seringnya interaksi, perasaan, dan lain sebagainya. Semakin dekat kita dengan seseorang. Idealnya akan semakin banyak manfaat yang bisa dedapat dari hubungan tersebut. 

Namun bukan berarti orang terdekat tidak bisa memberi masalah atau dampak buruk pada kita. Tetapi karena kedekatan yang sudah terjalin, kita sering kali memaklumi sikap buruk yang dilakukan oleh orang terdekat kita. Padahal, sikap buruk tersebut harus kita hindari meskipun dilakukan oleh orang terdekat kita.

Berikut ini adalah 5 sikap buruk dari orang terdekat yang tidak bisa dimaklumi.

1. Terlalu Mengatur

Orang dekat biasanya akan merasa memiliki pengaruh terhadap diri kita. Akibatnya, sebagian dari mereka akan suka mengatur kita.

Sikap suka mengatur ini akan sangat merugikan kita karena apabila dibiarkan dan selalu kita turuti, maka kita akan kehilangan kehendak atas diri kita sendiri. Kita ibarat seperti boneka yang dikendalikan oleh orang lain.

2. Suka Ikut Campur Masalah Pribadi

Kita memiliki urusan pribadi yang hanya menjadi rahasia diri kita sendiri. Meskipun memiliki kedekatan lebih, bukan berarti orang-orang berhak mengetahui atau ikut campur dalam segala urusan kita.

Jangan biarkan orang lain meskipun dekat dengan kita mencampuri urusan pribadi kecuali kita memang ingin bercerita atau dibantu penyelesaiannya.

3. Manipulatif

Sikap suka mengatur biasanya dibarengi dengan sikap manipulatif atau membuat kita seakan-akan merasa bersalah agar kita mau mengikuti semua arahan atau perintah yang diberikan. Hal ini tentu akan sangat merugikan kita karena jadi merasa bersalah dan melakukan kehendak orang lain terus menerus.

4. Tidak Menjaga Ucapan

Orang terdekat biasanya cenderung lebih terbuka dalam berkata. Namun, bukan berarti orang terdekat boleh berkata seenaknya sendiri. Orang terdekat harus tetap bisa menjaga ucapannya.

Masalahnya seringkali karena merasa dekat, orang tidak segan mengucapkan hal-hal yang sebenarnya tidak pantas diucapkan, misalnya mengejek fisik dan lain sebagainya. Tindakan seperti ini sangat tidak dibenarkan.

5. Suka Meremehkan

Orang terdekat harusnya menjadi orang yang selalu memberi motivasi dan dukungan kepada kita. Namun terkadang ada orang-orang terdekat yang justru suka meremehkan kita, seperti menganggap kita tidak akan berhasil, dan lain sebagainya. Kita sebaiknya menjaga jarak dengan orang-orang seperti ini agar pikiran kita lebih terjaga dari omongan yang tidak perlu.

Demikian 5 tindakan atau sikap buruk yang bisa dilakukan oleh orang-orang terdekat kita. Sikap seperti ini tidak boleh kita biarkan. Kita berhak menegur atau membatasi hubungan dengan orang yang suka bertindak demikian.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak