4 Cara Menyikapi Cinta di Masa Lalu Setelah Menikah

Mutami Matul Istiqomah
4 Cara Menyikapi Cinta di Masa Lalu Setelah Menikah
ilustrasi pasangan bertengkar (freepik.com/freepik)

Kisah cinta di masa lalu adalah sebuah lembaran lama yang seringkali membingungkan. Bukan bingung dengan bagaimana hubungan itu berjalan, namun bingung dalam menyikapi setelah bertahun-tahun tertinggal. 

Bertemu dengan cinta di masa lalu adalah sebuah hal yang wajar terjadi. Kamu harus mulai membiasakan hal ini. Apalagi setelah kamu menikah. Tentu kenangan di masa lalu tidak boleh menjadi pengganggu. 

Berikut ini beberapa tips menyikapi cinta di masa lalu setelah menikah. 

1. Biasa saja 

Kalau bisa, bersikaplah biasa saja. Jangan sampai kelihatan kamu salah tingkah, atau justru kamu berusaha untuk menutupinya. Pada hakikatnya, semua itu sudah terjadi dan terlewati. Kini tinggal bagaimana kamu menjaga sikap agar terlihat sebiasa mungkin. 

Bersikap biasa saja bisa ditunjukkan dengan saling sapa tanpa adanya perasaan yang lain. Menjalani hidup dengan biasa saja seperti halnya kamu dan orang lain. 

2. Tidak perlu di umbar 

Tak perlu di umbar kepada pasangan tentang cinta di masa lalu. Karena hal tersebut tidak ada manfaatnya. Bahkan bisa membuat pasanganmu merasa tersinggung. 

Kisah yang lama, biarlah tersimpan rapih sebagai sebuah kenangan. Jangan sampai hal itu kamu campurkan pada urusan rumah tangga dan menjadi penyakit baginya. 

Masa lalu yang sudah berlalu, akan lebih baik jika kamu tutup dengan rapat dan berusaha untuk tidak kembali mengungkitnya. Itu akan jauh lebih baik dibandingkan dengan mengumbarnya. 

3. Tidak perlu jadi pikiran 

Meskipun bertemu dengan cinta di masa lalu sering membuat kamu merasa salah tingkah, tapi jangan sampai hal tersebut menjadi beban dalam pikiran. Pasalnya, kamu sudah punya kehidupan yang harus menjadi prioritasmu sekarang. Apapun halangan dan rintangan di tengah jalan, kamu harus berusaha untuk menghempaskannya. 

Ingat, ketika kamu mencoba memikirkan cinta di masa lalumu itu, belum tentu si dia juga memikirkannya. Rugi kalau membebani pikiran diri sendiri dengan seseorang yang sudah tidak akan bisa lagi untuk bersama. 

4. Jangan terbawa suasana

Sebisa mungkin kamu harus berusaha untuk menjalani hidup dengan lebih bijaksana. Kamu mungkin akan mempertimbangkan beberapa pandangan yang kamu lihat sekarang, jauh lebih baik dibandingkan apa yang kamu lihat dulu. Tapi kamu tidak boleh terbawa suasana untuk itu. 

Terbawa suasana hanya akan membuat kamu merugi sendiri. Hal itu hanya akan membuang-buang waktu untuk hal yang tidak perlu. Kamu harus berusaha menata hati untuk lebih kuat kepada prinsip hubungan rumah tangga yang kamu miliki. 

Jadi, itu dia 4 cara menyikapi cinta di masa lalu setelah kamu menikah. Semoga kamu selalu diberikan kekuatan untuk mempertahankan rumah tangga yang sudah menjadi prioritas dan kehidupanmu yang nomor satu itu, ya! 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak