3 Hal yang Sebaiknya Dilakukan saat Hati harus Mencintai Dia dalam Diam

Delia Sanjaya
3 Hal yang Sebaiknya Dilakukan saat Hati harus Mencintai Dia dalam Diam
Ilustrasi berusaha melupakan seseorang yang dicinta (Pexels/RODNAE Productions)

Saat kita mencintai seseorang yang mungkin sebelumnya tidak pernah terpikirkan akan sedalam ini mempunyai perasaan padanya, yang sepertinya tidak akan kita miliki. Apa kamu pernah merasakan jatuh cinta tapi harus tetap diam tanpa memberitahukan perasaanmu yang sesungguhnya? Rasa cinta memang datang tanpa permisi, datang karena ada alasan yang mungkin hati kita yang bisa menilai perbedaan antara dirinya dengan orang lain. Mungkin dirinya terlihat sempurna di mata kita, yang pada nyatanya manusia tidak ada yang sempurna, tapi orang yang kita cintai akan tetap sempurna dalam penilaian hati yang kita miliki. 

Jika hati kita yang sedang jatuh cinta padanya didiamkan tanpa ada batasan, mungkin rasa cinta akan semakin besar untuknya. Memang mencintai seseorang dalam diam butuh diri yang kuat, sebab semua akan kita tanggung sendiri tanpa ada satu orang pun yang tahu tentang perasaan yang kita rasa.

Jika kamu pun salah satu orang yang sedang jatuh cinta dan rasa itu akan tetap kamu rahasiakan dalam hati, harus tetap diam tanpa adanya omongan. Inilah yang harus kamu tahu, beberapa hal yang sebaiknya kamu lakukan agar perasaan itu tidak lagi semakin dalam dan kita harus sadar bahwa ini yang harus kita lakukan jika mencintai seseorang dalam diam. Mulailah terapkan ini! 

1. Ikhlaskan Seseorang Itu

Ilustrasi pria sedang duduk menyendiri (Pexels/Nathan Cowley)
Ilustrasi pria sedang duduk menyendiri (Pexels/Nathan Cowley)

Kalimat yang terdengar simple, tapi tidak mudah untuk diterapkan, mungkin begitulah kurang lebih yang ada di benak kita saat mendengar tentang mengikhlaskan. Jika kita sudah benar-benar mempunyai rasa cinta pada seseorang, tidak semudah itu untuk bisa menghapusnya dari dalam hati. Tidak bisa dalam waktu semenit atau dua menit, mungkin sejam atau dua jam saja belum tentu cukup untuk perihal mengikhlaskan. Walau kita menyadari bahwa rasa yang kita punya untuknya hanya sebatas cinta dalam diam. Namun, jika dia bersama orang lain saja rasanya tidak rela dan pasti ada rasa sakit dari dalam hati. 

Bagaimana pun itu, cobalah perlahan untuk belajar mengikhlaskan seseorang yang kita cintai dalam diam. Mau tidak mau kita harus bisa merelakan dia, bisa saja jika semakin lama kita pendam perasaan itu, maka semakin sakit hati yang kita rasa saat melihat yang pada nyatanya dia bisa saja memilih orang lain. Maka dari itu, ikhlas bisa jadi salah satu jalan agar hati tidak semakin sakit. 

2. Fokuslah pada Diri Sendiri Tanpa Melibatkan Apa pun Tentangnya

Ilustrasi seseorang dengan laptop dan ponselnya (Pexels/Andrea Piacquadio)
Ilustrasi seseorang dengan laptop dan ponselnya (Pexels/Andrea Piacquadio)

Jika kita memiliki aktivitas yang bisa membuat produktif, membuat lebih fokus pada diri sendiri, yang juga mungkin membuat kita bisa lebih berkembang, sebaiknya lakukanlah hal tersebut saat kita memang sedang merasakan jatuh cinta pada seseorang yang hanya dalam diam.

Daripada kita galau dengan perasaan yang kita rasakan sendirian, yang kita pendam tanpa orang tersebut mengetahuinya, lebih baik kita belajar lupakan orang itu secara perlahan dan dengan dibantu oleh kegiatan yang membuat kita produktif. Berfokus pada diri sendiri itu memang lebih baik, daripada kita harus sibuk dengan masalah hati. 

3. Mulailah untuk Tidak Memikirkannya

Ilustrasi seseorang yang tersenyum (Pixabay/ZigmarsBerzins)
Ilustrasi seseorang yang tersenyum (Pixabay/ZigmarsBerzins)

Jika mencintai seseorang, lalu orangnya suka balik sama kita, rasanya sudah sempurna tentang kisah cinta itu. Namun, bagaimana kalau hanya mencintai dalam diam? Hanya kita yang merasakan perasaan cinta tersebut. Lebih baik kita bisa mulai untuk tidak memikirkannya. Mungkin yang tadinya kita selalu memberikan perhatian lebih, cobalah untuk belajar biasa saja, belajar untuk sedikit tidak peduli.

Dengan perilaku kita yang membuat diri ini mungkin tidak bisa berpaling darinya, maka dari itu mulailah untuk bersikap biasa saja. Memang tidak semudah yang dibayangkan, yang mungkin setiap hari kita bisa memikirkan dia, ingin tahu keadaannya, ingin tahu semua tentangnya, tapi cobalah sedikit melangkah untuk mulai tidak memikirkannya. 

Dengan perasaan yang hanya kita miliki sendiri, tanpa ada rasa yang terbalaskan, rasanya begitu tidak enak. Namun, kita harus lebih berlapang dada jika seseorang yang kita cinta dalam diam memang memiliki kehidupannya sendiri yang bisa bahagia tanpa adanya kita. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak