4 Tips Mudah Bangun Pagi, Biar Enggak Kesiangan Lagi!

Anang wan
4 Tips Mudah Bangun Pagi, Biar Enggak Kesiangan Lagi!
Ilustrasi bangun tidur (Freepik.com/Tirachardz)

Setiap orang pasti menginginkan hidupnya teratur dan berjalan dengan baik. Dari hal yang sederhana saja lah dulu, yakni bangun tidur. Mungkin ada orang yang bisa bangun pagi, namun juga ada orang yang susah untuk bangun pagi, entah itu karena faktor kebiasaan, pola hidup, ataupun karena alasan lain.

Buat kamu yang sering merasa kesal karena susah bangun pagi. kali ini penulis ingin memberikan beberapa tips agar kamu semangat bangun pagi. Berikut ulasannya.

1. Jadwalkan waktu tidur

Tanpa waktu tidur yang cukup mungkin akan membuat seseorang sulit untuk bangun cepat. Tapi, ada juga sebagian orang yang bisa bangun pagi meskipun tidurnya lambat, bisa jadi karena sudah menjadi habit atau kebiasaan dalam dirinya.

Nah, berapa sih waktu tidur yang ideal. Dilansir dari upk.kemenkes.go.id, orang dewasa usia 18-40 tahun memiliki waktu tidur ideal antara 7-8 jam. Nah, kamu bisa menjadwalkan waktu tidur sesuai dengan itu. Jika sempat tidur siang, maka seimbangi juga dengan tidur siang. Dan juga utamakan ibadah.

2. Rilekskan tubuh sebelum tidur

Ya, kedua kamu juga harus merilekskan tubuh. Entah itu pikiran maupun lainnya. Usahakanlah untuk membuat pikiran menjadi rileks, karena kesehatan itu penting.

Contohnya nih, usahakan jangan bermain gadget sebelum tidur. Tapi, jika itu penting seperti pekerjaan, diperbolehkan. Namun, kamu juga harus memperhatikan kondisi kamu. Menatap layar gadget dalam waktu yang lama akan membuat gangguan tidur.

3. Olahraga yang rutin

Ya, olahraga rutin juga penting untuk menjaga waktu tidur yang baik. Usahakanlah untuk memiliki waktu sedikit saja untuk olahraga, entah itu hanya berjalan kaki keliling kompleks, ataupun olahraga rumahan seperti push up.

4. Jangan tidur lagi jika sudah bangun

Ya, mungkin ini sering kali terjadi. Karena penulis juga sering mengalaminya. Ingin bangun cepat, malah bablas tidur sampai siang.

Jika sudah bangun tidur, rilekskan tubuh, minum air putih, kalau bisa langsung pergi untuk mandi agar badan lebih segar dan semangat.

Ya, mungkin itu sejumlah tips sederhana dari penulis bagi kamu yang ingin bangun pagi dan tidak ingin kesiangan lagi.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak