4 Manfaat Memiliki Sikap Cuek, Bisa Lebih Percaya Diri

Diat Anugrah
4 Manfaat Memiliki Sikap Cuek, Bisa Lebih Percaya Diri
Ilustrasi bersikap cuek (Pexels.com/cottonbro)

Dalam hidup ini, kita akan menghadapi berbagai macam hal. Mulai dari kejadian-kejadian biasa hingga masalah yang menimpa kita. Dalam menghadapi berbagai hal tersebut, kita bisa meresponnya dengan berbagai cara, bisa dengan bersikap reaktif atau bersikap biasa aja.

Seringkali, kita merasa harus memberi reaksi terhadap setiap hal yang terjadi di sekitar kita. Hal ini untuk menunjukkan kepedulian kita. Meski begitu, dalam beberapa hal kita juga perlu bersikap cuek atau bodo amat. Hal ini agar energi kita tidak terbuang pada hal-hal yang kurang bermanfaat. Hal ini akan membuat kita lebih fokus pada hal-hal yang penting saja.

Namun menjadi cuek terhadap hal-hal yang terjadi di sekitar kita juga bukanlah hak yang mudah. Terlebih jika kita sudah terbiasa memberikan reaksi atas apapun. Mungkin akan muncul gejolak dalam diri kita ketika memilih cuek.

Berikut ini adalah 4 manfaat yang kita dapat jika bisa bersikap cuek dalam berbagai hal.

1. Hidup Lebih Tenang

Dengan bersikap cuek dan bodo amat terhadap berbagai hal yang ada di sekitar kita, maka hidup kita akan cenderung lebih tenang. Hal ini dikarenakan kita tidak memikirkan hal-hal yang tidak penting. Meskipun terlihat sederhana, namun pikiran tidak penting itu bisa menguras energi kita dan membuat kita tidak tenang.

2. Terhindar Dari Masalah

Berbagai reaksi yang kita lakukan sebagai respons atas kejadian di sekitar kita berisiko menimbulkan masalah. Misalnya ketika ada orang yang tidak senang dengan reaksi kita. Dengan memilih bersikap cuek dan tidak memberikan reaksi berlebih, maka kita bisa mengurangi potensi mendapat masalah.

3. Fokus Pada Diri Sendiri

Pikiran dan respons yang kita lakukan terhadap hal-hal di luar diri kita tentu sedikit mengganggu konsentrasi kita. Apabila kita bisa bersikap cuek, maka kita bisa lebih fokus pada diri sendiri. Hasilnya, kita bisa lebih mengembangkan diri kita menjadi lebih baik.

4. Lebih Percaya Diri

Pandangan dan ucapan orang-orang di sekitar kita seringkali tidak enak didengar. Bahkan, tidak jarang membuat kita menjadi tidak percaya diri atau minder. Untuk itu, kita perlu cuek dan bersikap bodo amat terhadap pandangan dan ucapan orang lain agar bisa lebih percaya diri.

Demikian 4 manfaat yang bisa kita dapat jika bersikap cuek. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak