5 Cara Menghemat Lebih Banyak Uang, Jangan Pakai E-Wallet!

Dian Haerani
5 Cara Menghemat Lebih Banyak Uang, Jangan Pakai E-Wallet!
ilustrasi banyak uang (Pexels/WoodysMedia)

Tanpa disadari, kita sering kali menghabiskan uang untuk hal-hal yang sebenarnya tidak berguna. Atau, sebenarnya ada cara alternatif lain yang bisa kita gunakan untuk menghemat uang kita yang berharga.

Kalau kamu adalah satu dari sekian banyak orang yang ingin menghemat lebih banyak uang, simak lima hal di bawah ini yang bisa jadi belum kamu sadari dan bisa kamu lakukan agar uangmu tersimpan lebih banyak.

1. Gunakan Kendaraan Umum atau Berjalan Kaki

Sadarkah kamu kalau memiliki kendaraan pribadi itu bukan hal yang begitu bagus? Mungkin kita memang dapat kebebasan dan keleluasaan lebih kalau memilikinya. Tapi sebenarnya hal itu cukup menguras kantong. Memiliki kendaraan pribadi sama halnya dengan memiliki tanggungan yang harus dirawat secara rutin.

Baca Juga: Tips Ampuh Perkenalan Diri dalam Wawancara Kerja dengan Bahasa Inggris!

Perawatan kendaraan tersebut tentu memerlukan biaya yang lumayan juga. Jadi kalau memang tidak begitu diperlukan, lebih baik relakan saja kendaraanmu dan mulai berjalan kaki atau gunakan jasa kendaraan umum.

2. Belajar Bernegosiasi

Kamu tipe yang enggan berlama-lama kalau berada di pusat belanja? Padahal menggunakan waktumu sedikit lebih lama untuk mendiskusikan harga yang lebih rendah itu cukup menguntungkan lho.

Kamu perlu bisa bernegosiasi agar harga yang ditawarkan pasar bisa berubah jadi lebih rendah. Uangmu akan selamat lebih banyak.

3. Siapkan Catatan Belanja

Catat semua keperluan yang akan kamu beli sebelum pergi belanja kemana pun. Jangan sampai kamu menghabiskan uangmu pada hal-hal yang sebenarnya tidak niat kamu beli.

Baca Juga: Perhatikan! 5 Hal Kecil yang Jangan Dilakukan Jika Ingin Smartphone Kita Awet

Dengan membuat catatan barang-barang yang perlu dibeli, kamu akan lebih fokus mencari barang-barang belianmu tanpa salah fokus pada benda-benda lain yang menarik perhatian.

4. Makan Sebelum Bepergian Keluar

Tentu saja harga makanan di restoran atau kafe-kafe lebih mahal dari bahan makanan yang bisa kita olah di rumah.

Dari pada menghabiskan cuan untuk menyelamatkan perut yang keroncongan saat berada di luar, lebih baik selalu berjaga-jaga dengan makan terlebih dahulu sebelum pergi kemana pun.

Baca Juga: 4 Cara Ampuh Merawat Bibir Pecah-Pecah, Terapkan Yuk!

5. Jangan Gunakan E-Wallet

E-Wallet alias dompet digital belakangan ini sangat popular, terutama di kalangan anak-anak muda yang menyukai hal-hal yang tidak ribet. Dompet digital yang biasanya termuat di dalam ponsel, jaraknya terbilang sangat dekat juga dengan platform e-commerce yang juga berada di dalam ponsel.

Karena hal tersebut kita sering tak sengaja kalap membeli barang-barang secara online dengan membayarnya menggunakan e-wallet. Kalau kamu tidak butuh-butuh amat pakai e-wallet, lebih baik hindari saja.

Itu dia lima hal yang bisa dilakukan untuk menghemat lebih banyak uang. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak