4 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Ketika Switch Career, Jangan Gegabah!

Diana Retnasari
4 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Ketika Switch Career, Jangan Gegabah!
Ilustrasi switch career (Freepik/creativeart)

Bagi sebagian orang, menjalani karier di satu bidang tertentu selama bertahun-tahun bisa saja menjadi hal yang membosankan. Apalagi jika pekerjaan tersebut tidak memberikan dampak yang signifikan bagi kehidupan mereka.

Saat merasa jenuh dan tidak ada tantangan baru dalam bekerja, orang-orang justru akan mulai berpikir untuk mengubah jalan mereka dalam berkarier. Istilah keren untuk menggambarkan kondisi tersebut adalah switch career.

Tapi jangan buru-buru eksekusi ya, karena segala keputusan yang berhubungan dengan karier perlu dipikirkan secara rinci dan matang. Lagipula terlalu gegabah dalam mengambil keputusan bukan hal yang baik kan?

BACA JUGA: 4 Kerugian Tidak Membuat Rencana Karier, Bingung dan Cemas!

Nah, jika saat ini kalian sedang berencana untuk mulai melakukan switch career, perhatikan 4 hal penting ini sebelum mulai mengambil keputusan.

1. Ketahui pekerjaan impianmu dengan jelas

Kadang orang-orang yang ingin switch career hanya didasari rasa penasaran terhadap suatu hal. Padahal kemampuan untuk mengetahui apa jenis pekerjaan yang cocok dan kalian inginkan itu hal yang sangat penting.

Untuk mengetahui jenis pekerjaan yang selama ini kalian impian, coba tulis dengan baik tentang posisi, jobdesk, lokasi pekerjaan, hingga suasana kerja yang kalian harapkan. Nantinya catatan tersebut akan menjadi referensi untuk mencari pekerjaan yang lebih sesuai dengan minat dan keinginan kalian selama ini.

2. Kembangkan jaringan

Meskipun sebagai jobseeker, kalian boleh kok menjadi pihak yang pertama kali mengambil inisiatif untuk menghubungi recruiter. Asalkan kalian tahu batasan dan tata cara menghubungi seorang recuiter yang baik dan benar.

Hal lain yang paling gampang adalah follow akun Instagram resmi perusahaan dan memantau apakah ada informasi penting yang sesuai dengan kalian. Hal-hal kecil semacam ini bisa membuka peluang yang menarik bagi perkembangan karier kalian.

BACA JUGA: 4 Alasan Kenapa Kita Harus Membuat Rencana Karier!

3. Perbarui skill dan pengetahuan

Sepertinya hal ini menjadi syarat wajib yang harus dilakukan oleh seseorang yang sedang ingin mengubah jalur karier mereka. Mempelajari hal baru yang relevan dengan jenis pekerjaan yang kalian impikan menjadi modal utama untuk bisa bersaing di dunia kerja.

Apalagi tren yang sedang berkembang saat ini akan terus berubah setiap tahunnya, sehingga kalian harus up to date mengenai jenis-jenis karier yang muncul dan memiliki prospek yang baik di masa depan.

4. Update CV dan akun Linkedln

CV menjadi poin penting yang harus kalian perhatikan, karena CV merupakan gerbang utama yang mengantarkan jobseeker kepada recruiter. Selain itu, manfaatkan akun Linkedln untuk terus upgrade isi CV-mu agar bisa tetap relevan dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh recruiter.

Nah itulah beberapa tips dan trik yang harus kalian coba saat ingin beralih pekerjaan atau switch career untuk mendapatkan perjalanan karier yang lebih menantang dan menguntungkan di masa depan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak