Jangan Putus Asa, 6 Langkah Mengatasi Fase Career Stuck saat Bekerja

Diana Retnasari
Jangan Putus Asa, 6 Langkah Mengatasi Fase Career Stuck saat Bekerja
Ilustrasi orang mengalami career stuck (Freepik/tirachard)

Pernahkah kalian merasa putus asa karena kesempatan untuk promosi jabatan dalam pekerjaan tak kunjung datang? Atau malah timbul keinginan untuk keluar dari pekerjaan dan menekuni sebuah karier baru yang sangat kalian impian selama ini?

Pikiran-pikiran ini umumnya dialami oleh mereka yang memasuki fase career stuck, di mana setiap pekerjaan yang dilakukan kehilangan makna dan arti untuk diri sendiri. Jika kondisi tersebut tidak segera diatasi bisa saja kalian malah memutuskan untuk resign di kemudian hari.

Merasa bosan akan sesuatu memang hal wajar dan sangat normal dialami oleh para pekerja. Apalagi jika jenis pekerjaan yang dilakukan selalu sama setiap harinya. Rasa bosan akan pekerjaan dan tak kunjung dapat tawaran yang lebih menggiurkan bisa membuat fase career stuck semakin parah.

BACA JUGA: 4 Alasan Kenapa Kita Harus Membuat Rencana Karier!

Nah, untuk mengatasi kondisi career stuck dalam pekerjaan, kalian bisa mencoba menerapkan 6 cara berikut ini.

1. Luangkan waktu untuk diri sendiri

Terlalu bekerja keras terhadap sesuatu bukan hal yang baik, apalagi jika harus sampai mengorbankan diri sendiri. Perjalanan karier yang stuck dan tidak berkembang bisa menimbulkan orang merasa frustrasi dan tidak bahagia.

Untuk mengatasi perasaan tersebut kalian perlu meluangkan sebagian waktu untuk diri sendiri. Hal ini bisa dimulai dengan berbagai kegiatan atau hobi yang kalian suka. Latih diri untuk bisa menemukan hal-hal yang menjadi alasan untuk bahagia setiap harinya.

2. Perluas relasi

Pekerjaan yang gitu-gitu saja setiap hari bisa menjadi alasan untuk kalian dalam memperluas relasi dan kenalan. Jika mampu, lakukan hal itu sekarang juga! Jangan tunggu sampai kalian benar-benar merasa stuck baru bergerak.

Menjalin relasi dengan banyak orang akan membuat kalian kenal dengan banyak orang dan peluang untuk hal baru yang lebih baik juga semakin terbuka lebar.

3. Libatkan diri dengan orang-orang

Saat karier semakin tidak ada perubahan, jangan kemudian malah menarik diri dari lingkungan. Jika memang kalian ingin mendapatkan kesempatan baru dalam dunia pekerjaan atau bisnis, libatkan diri kalian pada banyak orang.

Ikutilah kegiatan, acara, event yang bisa menjadi penghubung antara kalian dan orang-orang yang sudah ahli dalam suatu bidang yang ingin kalian tekuni.

BACA JUGA: Ratu Rizky Nabila Cerai Usai 2 Hari Menikah, Sebut Nama Khabib Nurmagomedov

4. Bangun personal branding

Personal branding adalah hal mutlak yang harus dimiliki oleh orang-orang di jaman sekarang. Personal branding adalah sesuatu yang bisa membuat orang lain mengingatmu padahal saat itu kamu tidak sedang bersama mereka.

Branding dirimu dengan banyak hal-hal baik yang mampu kamu lakukan dan sangat menggambarkan dirimu saat ini. Pastikan untuk tidak jadi fake person untuk bisa diterima oleh masyarakat.

5. Ketahui value dari diri sendiri

Coba pikirkan lagi, apakah benar jika kalian sudah kompeten saat melakukan pekerjaan selama ini? Jangan-jangan memang diri kalian saja yang belum mampu untuk mencapai level tertentu sehingga peluang untuk promosi tak kunjung menghampiri.

Beberapa perusahaan memiliki pandangan yang berbeda dalam berbisnis, ada yang sangat mempedulikan karyawan dan ada juga yang sangat profit oriented tanpa menghiraukan apa yang sedang dialami oleh karyawannya.

Oleh sebab itu penting bagi kalian yang sedang mengalami career stuck untuk mengetahui lebih jauh tentang kemampuan diri dan jenis perusahaan yang menurut kalian sudah sesuai untuk dijadikan wadah dalam mengembangkan karier kedepannya.

6. Meminta bantuan pihak lain

Meminta tolong saat sedang kesusahan bukan hal yang salah kok. Kalian bisa meminta pendapat dan bantuan dari orang lain untuk berdiskusi tentang apa yang kalian alami selama ini.

Jangan hanya menerka-nerka sendirian, karena mungkin saja jawaban yang kalian butuhkan saat ini bisa muncul dari sudut pandang yang berbeda.

Career stuck bisa kalian hindari dengan melakukan hal-hal kecil yang bisa merubah masalah yang sedang dihadapi. Jangan pernah merasa terlambat untuk membuat sebuah perubahan dalam karier dan apa yang sangat kalian inginkan saat ini.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak