alexametrics

Indonesia Bangkit, Jalani Ekonomi Normal Baru

natasya syafrida 468
Indonesia Bangkit, Jalani Ekonomi Normal Baru
ilustrasi perekonomian naik

Pemerintah Indonesia mulai membuka perekonomian akibat pandemi covid-19 yang mengakibatkan merosotnya pertumbuhan ekonomi hal ini bertujuan memulihkan kembali perekonomian

Suara.com - Pemerintah Indonesia mulai membuka kembali (re-opening) ekonomi dengan kondisi yang berbeda dengan sebelumnya dikarenakan dampak pandemi Covid-19, dengan tujuan untuk mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Dampak pandemi Covid-19 ini memberikan efek dominan terhadap aspek sosial, ekonomi, dan keuangan selain aspek kesehatan. Di lingkungan sosial langkah untuk flattening the curve memiliki konsekuensi pada berhentinya aktivitas ekonomi yang menyerap tenaga kerja diberbagai sektor.

Di lingkungan ekonomi pertumbuhan ekonomi menurun tajam, konsumsi terganggu, investasi terhambat, ekspor-impor terkontraksi dan pertumbuhan ekonomi melambat.

Jika kita bicra mengenai ekonomi pasti berbicara juga dengan keuangan, dalam sektor keuangan volatilitas muncul seiring dengan turunnya investor dan terjadinya flight to equality sektor keuangan terdampak karena penurunan kinerja sektor rill yang mencakup NPL, profitabilitas dan solvabilitas perusahaan mengalami tekanan.

Dengan demikian pemerintah Indonesia tidak membiarkan pertumbuhan ekonomi yang mengarah negatif. Dengan prinsip kehati-hatian dan bergerak cepat serta responsif terhadap segala perubahan yang cepat pemerintah membuka perlahan mobilitas sosial dan ekonomi meskipun tidak 100 persen beroperasi.

Jika tidak bergerak perlahan menggerakkan roda perekonomian maka ada peluang Indonesia mengalami krisis ekonomi atau resesi ekonomi, pemerintah Indonesia berupaya agar hal tersebut dapat segera diatasi dan pada tahun selanjutnya dapat dipulihkan kembali secara maksimal.

Bahkan IMF memprediksi perekonomian dunia mengalami resesi serta menyebut tahun 2020 lebih buruk dibanding krisis global pada 2008-2009.

Setiap negara memiliki respon yang berbeda untuk mengatasi perekonomian agar pulih dan membaik. Pemerintah Indonesia sendiri dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasioanl (PEN) tentu menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan harus tetap disiplin mematuhi aturan kesehatan yang ada, agar tetap dapat mengakses kehidupan dalam situasi yang tidak menentu sampai ditemukan vaksin. Entahlah sampai kapan kita berdampingan dengan situasi seperti ini...

Pemerintah Indonesia dengan melihat tenaga kerja semakin banyak yang menganggur, tingkat kemiskinan tinggi, pertumbuhan ekonomi melambat dan lapangan pekerjaan yang minim.

Sesuai dengan informasi yang diberikan oleh Departemen Keuangan bahwa pendapatan negara lebih rendah Rp61,7 triliun atau tumbuh negatif 13,2 persen dengan rincian penerimaan perpajakan tumbuh negatif - 58,1 dan PNBP -3,6.