facebook

Sudah Makan Banyak Sampai Begah! Ini 4 Alasan Kamu Susah Gemuk

Munirah
Sudah Makan Banyak Sampai Begah! Ini 4 Alasan Kamu Susah Gemuk
Ilustrasi Wanita Kekurusan. (Pixabay/outsideclick)

Apakah kamu salah satu orang yang merasa heran dengan teman-teman yang sengaja menahan lapar karena takut gemuk? Sementara kamu, sudah berusaha dengan segala cara agar bisa gemuk, namun tetap gagal.

Kira-kira apa yang salah dari tubuhmu ya, sampai sudah makan banyak, tapi berat badan tak kunjung bertambah?

Nah, berikut penulis akan bahas 4 hal yang bisa menjadi alasan kenapa kamu susah gemuk. Yuk, disimak!

1.Keturunan

Sudah susah payah makan banyak, minum vitamin sampai obat penambah berat badan namun tetap kerempeng. Coba deh lihat orang tua, adik, atau kakakmu. Jika semua anggota keluarga inti atau sampai keluarga besar memang berpostur mungil dan tidak ada yang gemuk, Mungkin saja faktor genetik yang mempengaruhi dan menjadi alasan kenapa kamu mentok di berat itu. 

2.Stres

Jangan bingung kalau berat badanmu nggak kunjung naik, padahal udah makan banyak. Orang gemuk aja, kalau stres bisa jadi kurus. Apalagi kalau kamu yang kurus, dan mengalami stres. Makanan yang masuk ke tubuhmu tidak akan tercerna maksimal saat stres.

Tentu saja karena beban pikiran, kerap membuat kamu cemas. Tak jarang orang stres jadi sering mulas atau mual.

3.Kebanyakan kegiatan

Kalau kamu terlalu banyak beraktivitas dan tidak diimbangi dengan istirahat cukup, jelas saja asupan makanan yang kamu cerna akan sia-sia. Kenapa? Karena akan terbakar lagi oleh aktivitas tubuh yang banyak bergerak.

Jadi seimbangkan aktivitasmu dan juga istrirahat cukup ya. Pikiran nggak stres, malah badan yang capeik dan drop. Yang ada, kamu malah sakit.

4. Menderita penyakit kronis

Terakhir, kalau faktor pemicu kamu susah gemuk adalah karena suatu penyakit yang diidap, tentu saja hal itu memungkinkan kamu jadi kurus dan susah gemuk. Penyakit berat yang terjadi dalam jangka waktu panjang, dapat membuat berat badanmu kian turun. Contohnya infeksi tuberkulosis, diabetes, penyakit tiroid, AIDS, dan kanker.

Itulah 4 alasan yang mungkin menjadi penyebab kenapa kamu susah gemuk walau sudah banyak makan. Sebaiknya imbangi makan banyakmu dengan pola hidup sehat seperti istirahat cukup dan juga rutin berolahraga. Tidak penting seberapa berat badanmu, yang terpenting diatas segalanya tetaplah sesehat apa tubuhmu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak