alexametrics

Mau Meledak! Ini 3 Pertolongan Pertama Mengatasi Sakit Gigi

Munirah
Mau Meledak! Ini 3 Pertolongan Pertama Mengatasi Sakit Gigi
Ilustrasi sakit gigi, radang gusi. (Shutterstock)

Siapa yang setuju kalau sakit gigi adalah salah satu jenis sakit yang paling membuat siapa saja tersiksa dibuatnya?

Bagaimana tidak? Judulnya memang hanya sakit gigi. Tapi rasa sakit yang dirasakan menjalar sampai kemana-mana. Kepala jadi sakit. Makan terasa sakit. Pipi jadi bengkak. Dan masih banyak lagi.

Nah, kali ini penulis akan membagikan 3 pertolongan pertama yang dipercaya langsung ampuh membantu mengurangi bahkan menyembuhkan saat sakit gigi menyerang. Apa saja? Simak ya!

1.Kompres es batu

Masukkan es batu ke dalam plastik dan bungkus dengan kain tipis. Kompres ke area pipi yang nyeri karena sakit gigi, kurang lebih selama 15 menit. Es batu nantinya akan membuat saraf gigi kebas sehingga rasa ngilu berkurang atau bahkan menghilang.

2.Berkumur air garam

Sakit gigi yang diderita bisa disebabkan bakteri yang sedang 'berjoget' di gigi berlubang. Nah, sebagai pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghentikan 'aksi' bakteri-bakteri tersebut adalah dengan berkumur air garam.

Larutkan setengah sendok teh garam ke segelas air hangat. Kumur dalam mulut terutara di area yang giginya sedang sakit selama beberapa saat, lalu buang. Lakukan sekitar 3 kali.

3. Obat pereda nyeri

Terakhir, jika cara berkumur air garam dan kompres es batu tidak berhasil mengurangi penderitaanmu akibat sakit gigi, maka kamu dipersilahkan mengonsumsi obat pereda nyeri. Tentunya jangan asal tenggak. Tapi harus sesuai arahan dokter ya.

Biasanya kamu akan diarahkan untuk mengonsumsi obat yang mengandung anti-inflamasi seperti paracetamol dan ibuprofen.

Gimana? buat kamu yang langganan sakit gigi di waktu-waktu tidak terduga saat di rumah, bisa coba 3 pertolongan pertama di atas ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak