alexametrics

4 Dampak Buruk Kecanduan Game, Jangan Sampai Kamu Mengalaminya!

Rado
4 Dampak Buruk Kecanduan Game, Jangan Sampai Kamu Mengalaminya!
Ilustrasi remaja bermain game di smartphone. (Pixabay/ natureaddict)

Ada banyak jenis kecanduan. Selain kecanduan obat, nonton drama Korea, ada juga yang kecanduan bermain game. Apalagi saat ini, sejumlah pengembang game menghadirkan banyak permainan menarik yang mengakibatkan kamu sering menghabiskan waktu tanpa sadar hanya untuk menikmatinya.

Bermain game memang memiliki ada manfaatnya. Tetapi jika terus-menerus dilakukan, akan menimbulkan efek negatif apalagi terhadap anak-anak. Berikut ini beberapa efek buruk apabila kamu sudah kecanduan game.

1. Meningkatnya dopamin

Dopamin merupakan efek senang yang timbul di dalam otak. Apabila kamu menikmati sebuah game dan senang, maka hal ini akan membuatmu hanya menyukai itu saja.

Kegiatan lain yang berbeda menjadi terkesan tidak menarik, akibatnya seseorang menjadi semakin membatasi interaksi dengan orang lain juga.

2. Masalah muskuloskeletal

Muskuloskeletal merupakan efek nyeri di bagian pergelangan tangan, leher dan punggung. Hal ini diakibatkan karena gesekan terlalu lama dengan media game baik komputer maupun smartphone. Selain itu, duduk terlalu lama juga akan membuat leher dan punggung mengalami nyeri.

3. Penglihatan bermasalah

Dampak buruk lain kecanduan game adalah menurunnya daya penglihatan. Menatap layar dalam waktu cukup lama, intens dan fokus bisa jadi membuat mata akan dipaksa lelah dalam batasan lama. Padahal layar smartphone dan komputer juga mengandung radiasi yang menyebabkan efek buruk ke mata kamu.

4. Menjadi obesitas

Seseorang yang suka bermain game akan menghabiskan waktu di tempat yang sama, dalam waktu yang lama pula. Makan dan minum pun akan dilakukan sambil bermain game. Mereka akan jarang bergerak, sehingga makanan dan minuman berlebihan tersebut akan menimbulkan obesitas jika dilakukan dalam jangka panjang.

Itulah beberapa dampak buruk yang akan dialami seseorang yang sudah kecanduan bermain game. Semoga para gamers semuanya bisa mengatur waktu supaya tidak malah memperburuk kesehatan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak