alexametrics

Kapan Waktu yang Tepat untuk Olahraga saat Puasa? Buruan Cek di Sini!

Hayuning Ratri
Kapan Waktu yang Tepat untuk Olahraga saat Puasa? Buruan Cek di Sini!
Ilustrasi olahraga. (Pixabay/Free-Photos)

Olahraga tetap dapat dilakukan meski kamu sedang berpuasa. Inilah beberapa waktu yang tepat untuk olahraga saat puasa.

Suara.com - Olahraga kerap menjadi satu pilihan aktivitas yang tepat bagi siapa saja untuk menjalani gaya hidup sehat. Beragam jenis olahraga dapat dilakukan, mulai dari intensitas yang ringan sampai intensitas yang berat.

Olahraga dapat mendatangkan manfaat seperti menjaga tubuh agar tetap sehat, mencapai berat badan yang ideal, menjaga kesehatan otot dan tulang, meningkatkan kekebalan tubuh, membuat tidur menjadi lebih berkualitas, dan sebagainya.

Olahraga tetap dapat dilakukan walaupun kamu sedang berpuasa, hanya saja memang kondisi tubuh mungkin menjadi lebih rentan mengalami dehidrasi. Oleh sebab itu, kamu perlu memperhatikan jenis, waktu, dan intensitas olahraga yang dipilih.

Beautynesia melansir , inilah beberapa pilihan waktu yang tepat untuk berolahraga saat kamu sedang menjalankan puasa:

1. Setelah subuh

Olahraga setelah subuh dapat menjadi pilihan yang tepat. Dalam kondisi ini, tubuh telah memperoleh asupan nutrisi dan karbohidrat dari sahur. Lebih lanjut, rasa dahaga yang mungkin muncul karena olahraga masih dapat ditolerir oleh tubuh.

Kamu dapat melakukan lari santai atau bersepeda di waktu ini. Meski demikian, perlu diperhatikan kondisi tubuhmu juga ya, jangan sampai terjadi dehidrasi.

2. Menjelang berbuka

Waktu olahraga menjelang berbuka puasa dapat menjadi pilihan bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. Olahraga saat perut kosong bisa lebih efektif untuk membakar lemak dalam tubuh.

Sebaiknya tidak melakukan olahraga berat di waktu ini karena dapat menimbulkan dehidrasi. Pilihan olahraga yang dapat dilakukan yaitu jogging dan bersepeda.

3. Malam hari sesudah berbuka

Ambil jeda sesaat setelah berbuka puasa agar makanan yang dikonsumsi telah dicerna tubuh. Olahraga malam hari sesudah berbuka dapat berupa bowling, treadmill, dan jogging ringan. Perlu dicatat, usahakan waktu olahragamu bukan 2 jam sebelum tidur.

Nah, itulah beberapa waktu yang tepat untuk kamu berolahraga ketika puasa. Jaga kesehatan selalu ya!