facebook

Inilah 5 Anggota Girl Group K-POP yang Juga Sukses sebagai Solois

Xandra Junia In
Inilah 5 Anggota Girl Group K-POP yang Juga Sukses sebagai Solois
Hwasa (dok. istimewa)

Selain tergabung dalam sebuah grup, para anggota grup k-pop juga banyak yang didebutkan solo. Baik sebagai aktris, pembawa acara, maupun penyanyi. Biasanya yang dipilih untuk debut solo sebagai penyanyi adalah anggota yang memiliki vokal mumpuni. Berkat suara indahnya inilah, mereka disukai dan lagunya masuk ke dalam chart-chart lokal maupun internasional. Berikut ini adalah lima diantaranya yang dinilai paling sukses.

1. Taeyeon

Kim Taeyeon
Kim Taeyeon

Kim Taeyeon lahir pada tahun 1989 dan memulai debutnya sebagai pemimpin grup Girls Generation saat usianya menginjak 18 tahun. Lalu, di tahun 2015, ia debut sebagai solois dengan lagu "I" yang sukses mencapai 2,5 juta pada penjualan digitalnya. Sedangkan yang fisiknya mencapai 160.000 keping.

Taeyeon disebut sebagai salah satu solois paling sukses sepanjang sejarah musik Korea Selatan. Seluruh lagu utama miliknya ini selalu merajai chart musik. Ia juga sudah memperoleh banyak penghargaan, antara lain dari Golden Disc Awards dan Mnet Asian Music Awards.

2. Jung Eunji

Jung Eunji
Jung Eunji

Vokalis utama dalam grup Apink ini memulai aktivitas mandirinya dengan menjadi aktris terlebih dahulu. Ia berperan dalam drama populer "Reply 1997" sebagai Sung Shiwon. Kemudian, di tahun 2016, barulah ia debut sebagai solois dengan merilis album berjudul "Dream" yang memiliki 6 lagu.

Lagu utamanya adalah "Hopefully Sky" yang ia tulis sendiri saat menghabiskan waktu dengan ayahnya. Album pertama milik Eunji tersebut sukses terjual sebanyak 30.000 keping.

3. Hwasa

Hwasa
Hwasa

Hwasa memiliki nama asli Ahn Hyejin. Ia lahir pada tahun 1995 dan memulai karirnya sebagai anggota termuda dari grup Mamamoo. Di awal tahun 2019, ia merilis lagu debut berjudul "Twit" dan berujung sukses. Lagunya ini berhasil nangkring di posisi ketiga pada Billboard World Digital Song Sales.

Kesuksesan itu berlanjut pada lagu keduanya yang berjudul "Maria" dalam album dengan nama yang sama. Selain Billboard, lagu tersebut masuk ke dalam chart Itunes Amerika Serikat. Hal ini membuatnya menjadi solois wanita K-POP pertama yang berhasil tembus tangga lagu tersebut. 

4. Jennie

Jennie
Jennie

Debut sebagai rapper BLACKPINK di usianya yang ke-20 tahun, Kim Jennie juga sukses dengan karir solonya. Lagu debutnya yang berjudul "Solo" berhasil memuncaki tangga lagu dunia bahkan masuk ke dalam daftar New York Times.

Tidak hanya itu, Jennie juga mendapat banyak penghargaan dari lagu tersebut. Salah satunya dari Golden Disc Award dengan kategori "Digital Bonsang" atau penghargaan utama untuk sebuah lagu. Video musik miliknya juga berhasil mencapai 300 juta lebih penonton dalam waktu 6 bulan. 

5. Rosé

Rose "Blackpink" (soompi)
Rose "Blackpink" (soompi)

Masih dari BLACKPINK, vokalis utama mereka juga telah melakukan debut solonya di bulan Maret ini. Roseanne Park atau yang lebih kita kenal dengan nama Rosé, lahir di Australia pada tahun 1997. Ia merilis album pertamanya yang bertajuk "R" dengan lagu utama "On The Ground".

Selain memuncaki tangga lagu dunia, albumnya ini telah terjual sebanyak 1,1 juta keping hanya dalam waktu seminggu saja! Video musik milik Rosé ini juga berhasil meraih 41,6 juta kali ditonton dan mengalahkan PSY sebagai solois dengan jumlah penontin terbanyak. Keren, ya.

Itulah kelima anggota girl group wanita K-POP yang juga sukses sebagai solois. Apakah ada idolamu? 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak