alexametrics

Wanita Harus Tahu, Ini 5 Trik Memakai Sepatu High Heels dengan Nyaman

Hayuning Ratri
Wanita Harus Tahu, Ini 5 Trik Memakai Sepatu High Heels dengan Nyaman
Ilustrasi sepatu high heels. (Unsplash.com/Amanda Vick)

Sepatu high heels kerap menjadi pilihan bagi wanita untuk menunjang penampilan. Akan tetapi, memakai sepatu hak tinggi dalam durasi waktu yang lama bisa membuat perasaan tidak nyaman, apalagi jika tidak terbiasa. Beberapa wanita bisa mengalami nyeri tumit, nyeri lutut, cedera kaki, hingga kelainan bentuk kaki akibat penggunaan high heels yang terlalu lama.

Berikut ini sejumlah trik untuk menurunkan risiko rasa tidak nyaman saat mengenakan high heels, dilansir Alodokter.

1. Menggunakan ukuran sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki

Ukuran sepatu menjadi faktor penting yang menunjang kenyamanan saat mengenakan alas kaki. Pasalnya, apabila ukuran sepatu tidak pas dengan ukuran kaki, maka beberapa gangguan kesehatan seperti yang telah disebutkan di atas bisa saja terjadi.

Ketika memutuskan ingin memakai high heels, pastikan bahwa kamu sudah mengetahui panjang dan lebar kaki milikmu. Pengukuran dianjurkan saat menjelang malam hari pada posisi berdiri.

2. Usahakan memakai sepatu dengan hak tebal

Alasan sebaiknya menggunakan sepatu dengan hak tebal adalah agar bisa menahan beban tubuh secara lebih merata. Selain itu, hal ini juga membantu kaki bisa menjadi lebih stabil daripada mengenakan stiletto dengan hak kecil dan tajam. Perlu diketahui, sepatu dengan hak yang lebih tebal mampu menurunkan risiko terkena tendinitis.

3. Mengenakan sepatu dengan ujung yang lebar

Usahakan untuk memilih sepatu high heels dengan ujung yang lebar. Hal ini dikarenakan sepatu high heels dengan ujung runcing bisa lebih rentan menyebabkan gangguan kesehatan apalagi jika dipakai dalam waktu yang tidak sebentar.

4. Menggunakan bantalan alas kaki

Untuk mengurangi tekanan terhadap ujung jari kaki dan terhindar dari rasa nyeri, kamu bisa menambahkan bantalan tumit. Cara ini bisa meningkatkan rasa nyaman dalam mengenakan sepatu high heels.

5. Memakai sepatu high heels dengan ujung terbuka

Perlu dicatat bahwa sepatu high heels dengan ujung terbuka dapat menurunkan tekanan pada ujung jari kaki. Lebih lanjut, hal ini juga mampu menurunkan risiko timbulnya tonjolan di area pangkal ibu jari (bunion) atau kelingking jari kaki.

Nah, itulah sejumlah trik yang dapat dilakukan saat memakai sepatu high heels agar lebih nyaman. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak