alexametrics

4 Tips Tetap Tenang Melihat Banyak Teman yang Sudah Menikah, Apa Saja?

Hayuning Ratri
4 Tips Tetap Tenang Melihat Banyak Teman yang Sudah Menikah, Apa Saja?
Ilustrasi single. (Unsplash.com/Brooke Cagle)

Beranjak dewasa kamu akan melihat kenyataan bahwa satu per satu temanmu telah memilih jalan hidupnya untuk membangun bahtera rumah tangga. Sementara itu, kamu sendiri belum kepikiran sampai ke sana. Tak jarang, hal ini akhirnya membuat rasa insecure tumbuh subur dalam dirimu.

Perasaan negatif yang muncul tersebut tentu bukan hal yang baik untuk terus dipelihara. Berikut ini terdapat sejumlah tips yang dapat kamu lakukan agar bisa tetap tenang dalam mengatasi persoalan ini. Apa saja? Yuk disimak satu per satu.

1. Belajar memantaskan diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik

Daripada membuang waktu meratapi kenyataan yang ada, alangkah baiknya mulai mengambil langkah untuk ke depannya. Jika memang kamu masih single, maka ini adalah waktu yang tepat untuk belajar memantaskan diri agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

Kamu bisa mencoba benar-benar mengenal dirimu sendiri dan berdamai dengan segala kelebihan dan kekuranganmu sebelum akhirnya menerima orang lain dalam hidupmu. Kamu pun dapat mengembangkan diri lagi misalnya dengan belajar memasak, belajar bersikap lebih dewasa, belajar mengelola emosi, dan beragam hal lainnya yang bisa meningkatkan kualitas dirimu.

2. Utamakan kewajiban dan kejar mimpi-mimpimu

Melihat kanan kiri teman sudah mulai menikah, sedangkan kamu masih sibuk menyelesaikan studi. Tak masalah, semua orang mempunyai waktunya masing-masing. Kamu tidak sedang berlomba dengan mereka.

Ada baiknya kamu tetap fokus dan mengutamakan kewajibanmu saat ini. Selain itu, manfaatkan masa mudamu untuk mengejar mimpi-mimpimu. Pasalnya, kehidupan pasti akan banyak berubah setelah menikah.

3. Menyiapkan jawaban yang tepat untuk yang bertanya

Tak jarang beberapa orang entah dari keluarga atau teman dekatmu menanyakan pertanyaan sensitif seperti, “kapan nikah?” “kapan nyusul?” dan sebagainya. Jangan terlalu dimasukkan ke hati, kamu bisa rugi sendiri. Siapkan saja jawaban yang tepat bagi mereka, misalnya “doakan saja yang terbaik” atau “belum waktunya sekarang” dan lainnya.

4. Menikmati waktu dengan keluarga dan teman-teman

Kamu tak perlu merasa rendah diri melihat banyak temanmu sudah banyak yang menikah. Masih banyak orang di dunia ini yang sayang denganmu. Cobalah untuk menikmati waktu bersama keluarga atau teman-teman yang bisa membuat kamu tetap merasa dicintai.

Saat kamu sudah berkeluarga, kamu akan memiliki kesibukkan yang ekstra sehingga tidak lagi leluasa seperti saat single. Jadi, manfaatkanlah waktu yang kamu miliki saat ini sebaik mungkin.

Nah, itulah sejumlah tips yang dapat dilakukan agar tetap santai meskipun banyak teman yang menikah. Semoga membantu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak